ANTARAJAWABARAT.com, 16/6 - Pendidikan Dasar Perhimpunan Penempuh Rimba dan Pendaki Gunung (Wanadri) tahun 2012 diikuti 12 perempuan dari total peserta sebanyak 118 orang, kata Ketua Umum Wanadri Ardiles Leonado Simangunsong, di Gedung Sate, Kota Bandung, Sabtu.

Ardiles menuturkan, untuk usia peserta yang mengikuti pelatihan Pendidikan Dasar Wanadri tahun ini bervariatif yakni mulai dari usia 16 tahun hingga 45 tahun.

"Sebenarnya tidak ada batas usia dalam pendidikan dasar ini, tapi untuk tahun ini peserta termuda itu umurnya 16 tahun dan tertua 45 tahun," kata Ardiles.

Ia menuturkan, seluruh peserta nantinya akan mengikuti pelatihan yang akan dibagi dalam beberapa tahap meliputi tahap dasar yang dilakukan selama 13 hari dan tahap operasional 17 hari.

"Jadi total masa pelatihannya itu adalah selama 30 hari. Peserta akan memulai pelatihan pada hari Minggu 17 Juni 2012. Mereka mulai diberangkatkan pukul 05.00 WIB dari Taman Pramuka Jalan Riau Kota Bandung, dengan cara jalan kaki menuju tempat pelatihan dasar di Tangkuban Parahu, Kabupaten Bandung Barat," katanya.

Sesampainya di tempat pelatihan dasar kata dia, seluruh peserta akan diturunkan ke tempat biasa latihan Kopasus, Situ Lembang dan akan mendapat materi dasar selama 13 hari.

Ia menambahkan, usai melewati materi dasar selama 13 hari, peserta akan mengaplikasikannya untuk masuk ke gunung, hutan, dan melakukan teknik SAR di Situ Lembang.

"Lalu peserta akan bergeser ke daerah Citatah Padalarang, dilanjutkan ke Citarum untuk kemudian bergeser ke Indramayu (kawasan Rawa Laut, Eretan)," katanya.

Menurut dia, usai melewati perjalan tersebut para peserta akan jalan kaki kembali ke Kawah Upas Gunung Tangkuban Perahu untuk pelantikan dan rencananya akan dilantik oleh Panglima Jenderal TNI Agus Suhartono.

Pewarta:

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2012