Sejumlah berita Senin (9/5/2022) kemarin yang menarik untuk disimak, mulai dari kendaraan tol Kalikangkung menuju Jakarta masih padat hingga warga lereng Merapi menggelar tradisi Syawalan Lebaran Ketupat. Berikut berita-berita tersebut :

1. Saat H+6, kendaraan dari Tol Kalikangkung menuju Jakarta masih padat

Arus kendaraan yang masuk ke gerbang Tol Kalikangkung Semarang, Jawa Tengah, menuju arah Jakarta pada H+6 arus balik Lebaran 2022, Senin siang, terpantau masih relatif padat.

Kendaraan dengan nomor polisi luar Jawa Tengah yang menuju ke arah Jakarta masih mendominasi kendaraan yang masuk Tol Kalikangkung.

2. Warga lereng Merapi gelar tradisi Syawalan Lebaran Ketupat

Warga di lereng Gunung Merapi, tepatnya di Dukuh Mlambong, Desa Sruni, Kecamatan Musuk, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Senin, menggelar tradisi Syawalan atau Lebaran Ketupat 2022 dengan mengarak ratusan ekor ternak sapi keliling kampung dengan tetap menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

Warga dalam penyelenggaraan upacara tradisi Syawalan/Lebaran Ketupat pada tahun ini, tampak lebih antusias karena pemerintah sudah memberikan kelonggaran izin mudik karena kasus pandemi COVID-19 sudah mulai melandai selama liburan Idul Fitri 1443 Hijriah.


3. Menkes: Kasus COVID-19 usai Lebaran terlihat dalam 25 hari ke depan

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan pola kenaikan kasus konfirmasi COVID-19 di Indonesia usai perayaan Lebaran 2022 akan terlihat dalam kurun waktu 20-25 hari ke depan.

"Sekarang sudah sepekan setelah hari raya. Kita tunggu sekitar 20-25 hari ke depan apakah ada pola kenaikan yang sama seperti libur Natal dan Lebaran tahun sebelumnya," kata Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers secara virtual yang diikuti dari YouTube Sekretariat Presiden di Jakarta, Senin sore.

4. Menkes: Suspek hepatitis akut di Indonesia ada 15 kasus

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan suspek hepatitis akut di Indonesia hingga saat ini berjumlah 15 kasus yang sedang dilakukan proses investigasi.

"Sampai sekarang di Indonesia ada 15 kasus (suspek). Di dunia paling besar di Inggris 115 kasus, Italia, Spanyol dan Amerika Serikat," kata Budi Gunadi Sadikin saat menyampaikan keterangan pers secara virtual yang diikuti dari YouTube Sekretariat Presiden di Jakarta, Senin sore.

5. Satgas: Penerima dosis penguat sudah mencapai 41 juta orang

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 melaporkan sebanyak 41.028.913 orang sudah menerima vaksinasi dosis penguat (booster) setelah bertambah 23.969 orang sampai dengan Senin pukul 12.00 WIB.

Menurut data Satgas yang dikutip oleh ANTARA di Jakarta Senin, penambahan juga terjadi pada dosis lengkap yang kini sudah mencapai 165.656.103, bertambah 14.112 orang dari hari sebelumnya.

Pewarta: Indriani

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022