Kepolisian Resor Sumedang menyampaikan arus lalu lintas kendaraan di jalur utama wilayah kota Kabupaten Sumedang, Jawa Barat terjadi kepadatan karena adanya peningkatan volume kendaraan dan aktivitas masyarakat menjelang Lebaran.

"Pada jalur kota sendiri terjadi kepadatan mulai dari Simpang Ojolali sampai dengan jalan Pasar Sandang Sumedang, hal ini disebabkan banyaknya aktivitas masyarakat yang berbelanja untuk keperluan perayaan Idul Fitri nanti," kata Kasi Humas Polres Sumedang AKP Dedi Juhana usai peninjauan jalur mudik di Sumedang, Sabtu.

Ia menuturkan jelang puncak arus mudik Lebaran 2022, Kepala Kepolisian Resor Sumedang AKBP Eko Prasetyo Robbyanto bersama jajarannya melaksanakan pengecekan jalur mudik dan pos pengamanan di wilayah Sumedang.

Kegiatan tersebut, kata dia, untuk mengetahui peningkatan volume kendaraan serta pengecekan kesiapan personel Polres Sumedang pada pelaksanaan pengamanan arus mudik di wilayah Kabupaten Sumedang.

Hasil dari peninjauan di jalur utama Sumedang, kata dia, telah terjadi peningkatan volume kendaraan sehingga menyebabkan kepadatan arus kendaraan di sejumlah ruas jalan wilayah perkotaan Sumedang.

"Di jalur kota Sumedang sampai dengan wilayah barat Kabupaten Sumedang, di mana dari hasil peninjauan terlihat adanya kepadataan arus akibat peningkatan volume kendaraan," kata Dedi.
Ia menyampaikan untuk jalur utama Bandung-Cirebon di wilayah Cadas Pangeran dan Jatinangor terpantau lancar tidak terjadi kepadatan arus kendaraan seperti biasanya.

Kondisi lancar di jalan itu, kata dia, karena dampak dari telah dibukanya Tol Cisumdawu Seksi 2 dan 3 yang menembus langsung dari Tol Cileunyi sampai Cimalaka atau tidak melewati jalan utama Jatinangor dan Cadas Pangeran.

"Dengan dibukanya ruas Tol Cisumdawu Seksi 2 dan Seksi 3 cukup membantu mengurangi volume kendaraan di jalur tersebut (Cadas Pangeran dan Jatinangor)," kata Dedi. 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022