Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat, menyalurkan 7.000 paket sembako murah dalam operasi pasar untuk membantu ekonomi masyarakat menjelang Lebaran 2022.

"Kegiatan ini bermanfaat, kemudian mungkin bisa berkelanjutan," kata Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Energi Sumber Daya Mineral Kabupaten Garut Nia Gania Karyana saat menyalurkan paket sembako murah di Sukaregang Leather Center, Kecamatan Garut Kota, Minggu.

Ia menuturkan operasi pasar murah merupakan program yang rutin dilaksanakan Pemerintah Provinsi Jabar menjelang Lebaran, termasuk di Kabupaten Garut.

Ia menyebutkan khusus Garut mendapatkan alokasi paket sembako murah sebanyak tujuh ribu paket yang isinya berupa 5 kg beras, 2 kg tepung terigu, 2 kg gula pasir, dan 2 liter minyak goreng.

Pemkab Garut, kata dia, telah menyiapkan cara penyalurannya langsung ke desa dan kelurahan tersebar di empat kecamatan wilayah Garut kota, selatan, dan utara.

"Ada empat kecamatan yang menerima bantuan ini, nah itu disampaikan ke kecamatan, kecamatan disampaikan ke masing-masing kepala desa atau kelurahan," katanya.

Ia mengungkapkan adanya perhatian dari Pemerintah Provinsi Jabar yang menyalurkan paket sembako murah itu cukup membantu mendorong daya beli masyarakat di Garut.
"Terima kasih dan penghargaan kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang telah memberikan dukungan sehingga daya beli masyarakat bisa terbantu," katanya.

Penyaluran itu dilakukan dengan cara menggunakan kupon berdasarkan data yang sudah dilakukan oleh pemerintah daerah.

Pemerintah mensubsidi hingga 52 persen dari harga total paket sembako dari harga normal Rp160 ribuan menjadi Rp80.700 per paket.

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022