ANTARAJAWABARAT.com,26/3 - Maskapai penerbangan Air Asia Indonesia akan membuka dua penerbangan baru dari Bandung yakni rute internasional baru Bandung - Penang - Malaysia serta jalur domestik Bandung - Pekanbaru.

"Potensi wisata Bandung umumnya Jawa Barat sangat besar, sehingga kami buka dua rute baru Bandung - Penang dan Bandung - Pekanbaru satu kali sehari, penerbangan pertamanya rencananya 26 Mei 2012," kata Presiden Direktur Air Asia Indonesia Dharmadi di Bandung, Kamis.

Penumpang bisa dengan mudah mencapai destinasi pilihan untuk berwisata maupun berbisnis ke kedua tujuan baru.

Dharmadi menyebutkan, Penang merupakan kota modern di Malaysia yang juga tetap mempertahankan beberapa lokasi wisata bersejarah seperti George Town, sedangkan Pekanbaru merupakan salah satu wisata unggulan bidang kuliner, bekanja dan lainnya.

Jalur Bandung-Penang merupakan destinasi internasional ketiga setelah dua rute internasional lainya Bandung - Kuala Lumpur menjadi empat kali sehari dan Bandung - Singapura menjadi dua kali sehari.

"Bandung potensial bagi Air Asia yang mulai menerbangi Bandung mulai 2007, pasarnya terus meningkat baik internasional maupun domestik, mayoritas urusan wisata dan bisnis," kata Dharmadi.

Dengan penambahan frekuensi penerbangan, para penumpang Jabar khususnya Bandung akan memiliki banyak pilihan untuk keberangkatan menuju Kuala Lumpur dan destinasi lainnya wilayah ASEAN, India, China, Korea dan Australia bila ingin melakukan penerbangan lanjutan.

"Bandung saat ini merupakan destinasi liburan pilihan untuk mereka yang ada di Malaysia, rata-rata tingkat keterisian untuk rute ini secara konsisten selalu mencapai di atas 80 persen," katanya.

Khususnya penerbangan ke Bandung, kata Dharmadi rata-rata penumpang dari Kuala Lumpur dan Singapura sebanyak 150 penumpang, artinya dengan empat pesawat dari Malaysia dan dua dari Singapura maka jumlah penumpang rata-rata 900 penumpang per hari.

Belum lagi penumpang dari penerbangan domestik dari Surabaya, Denpasar dan Batam yang juga pasarnya terus meningkat.

"Bandara Husein ke depan akan dikembangkan menjadi bandara internasional yang lebih besar, jelas hal itu akan memberikan pasar penerbangan ke Bandung semakin potensial," kata Presdir Air Asia itu menambahkan.***2***
(S033)

Syarif A

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2012