ANTARAJAWABARAT.com, 29/3 - Operator seluler XL Axiata melakukan peningkatan kapasitas (up grade) BTS untuk meningkatkan kehandalan layanan data mengalami peningkatan signifikan, terutama di kota-kota besar.

"Up grade BTS dilakukan secara menyeluruh, prioritas di daerah yang membutuhkan peningkatan kapasitas data yang mendesak. Dengan peningkatan itu maka layanan data bisa mencapai 500 Kpbs," kata Chief Manager Operation Central Region Xl Axiata, Heru Prastiawan di Bandung, Kamis.

Heru menyebutkan, peningkatan kapasitas BTS untuk layanan data khususnya diwilayah Central Region yang mencakup Jabar, Jateng dan DIY yang jumlahnya mencapai 7.000 BTS akan terus dilakukan.

Ia mencontohkan di Area Jawa Barat terdapat sebanyak 3.500 BTS yang akan di upgrade. Salah satunya di Kota Bandung sudah dilakukan upgrade untuk 230 BTS sehingga cakupan layananya semakin kuat.

"Pelaksanaan upgrade layanan data itu dilakukan karena pengguna data saat ini semakin tinggi, fasilitas yang ada masih mencukupi namun perlu diback up untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan data," katanya.

Wilayah Jawa Barat, khususnya Bandung bukan kota pertama yang dilakukan up grade BTS dari XL, sebelumnya telah dilakukan di Jakarta, Medan dan Surabaya.

"Setelah di Bandung ini, proses peningkatan kapasitas BTS akan dilakukan di wilayah Purwakarta, Cirebon dan Solo," katanya.

Selain meningkatkan kapasitas layanan, perusahaan operator seluler itu juga meningkatkan edukasi cek kuota internet dan otomatisasi setting internet bagi para pelangganya.

Fasilitas cek kuota dari operator itu diluncurkan pertengahan Januari 2012. Namun masih cukup banyak yang kurang peduli melakukan pengecekan kuota sehingga tidak jarang terjadi kesalahan pehamanan terkait pemberlakuan tarif internet. Pengecekan bisa dilakukan menggunakan SMS, ussd menu browser (UMB) dan melalui web.

"Melalui fasilitas cek kuota, pelanggan bisa mengecek sendiri kuota internetnya, sehingga bisa melakukan isi pula unlimited sebelum secara otomatis internet menggunakan pula biasa," kata Vice President XL Central Region, Kencono Wibowo.

Tingkat keberhasilan pengecekan kuota internet saat ini mencapai 97 persen atau meningkat dari sebelumnya yang hanya 60 persen.

"Setelah dilakukan edukasi, cek kuota internet terus meningkat. Rata-rata akses cek kuota melalui SMS sebanyak 6.000 pelanggan, UMB 70 ribu dan web info 750 ribu perharinya," kata Wibowo menambahkan.***3***

Pewarta:

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2012