Dinas Kebudayaan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta menyebutkan kegiatan Travel Dialog Museum Sleman yang diselenggarakan di Kota Cirebon, Jawa Barat disambut antusias para pelaku pariwisata di daerah itu.

"Pada kegiatan Travel Dialog Museum Sleman yang kami gelar hari ini di Hotel Batiqa Kota Cirebon, disambut antusias oleh masyarakat Cirebon," kata Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman Edy Winarya dalam keterangan tertulis di Sleman, Rabu.

Dia menyebut 45 komunitas biro perjalanan dan pelaku pariwisata serta 45 kepala SD dan SMP di Kota Cirebon antusias mengikuti acara promosi 21 museum di Sleman.

"Kami merasa puas dengan penyelenggaraan Travel Dialog Museum tersebut yang mendapat sambutan antusias dari pelaku wisata di Cirebon, mereka sangat antusias terhadap materi yang telah disampaikan," katanya.

Ia mengatakan acara sesi pertama dihadiri oleh Kepala Bidang Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Cirebon Hanry David dan Kepala Bidang Kebudayaan Sundusiah.

Sesi kedua dihadiri Kepala Bidang Pengelolaan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Cirebon Surip dan Kasi Peserta Didik Ade Cahyaningsih.

Kepala Bidang Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Cirebon Henry David menyebut Sleman tidak terasa asing bahkan sudah melekat bagi masyarakat Kota Cirebon.


Bahkan ada yang sudah lima kali berkunjung ke Sleman, di antaranya karena ada anggota keluarganya yang kuliah di Yogyakarta atau sengaja untuk berwisata.

"Hanya saja selama ini mereka belum memiliki informasi yang lengkap sehingga acara Travel Dialog Museum memberikan referensi yang lebih banyak dan lebih lengkap terkait dengan potensi museum di Kabupaten Sleman," katanya.

Tim Travel Dialog Museum Kabupaten Sleman mempromosikan 21 museum ke Kota Cirebon, yaitu Museum Ullen Sentalu, Museum Mini Sisa Hartaku, Museum Gempa Prof Sarwidi, Museum Monumen Pancasila Sakti, Museum Monumen Jogja Kembali, Museum UGM.

Selain itu, Museum Pendidikan Indonesia UNY, Museum Pergerakan Wanita Indonesia, Museum Affandi, Museum Geoteknologi Mineral UPN Veteran, Museum Pusat Dirgantara Mandala TNI AU, Museum Gunungapi Merapi (MGM), Museum Serat Holistik Kehidupan Susilowati Susmono, Museum Anak Bajang, Museum Bakalan, Museum Air Jogja Bay, Museum Monumen Plataran, Museum Candi Prambanan, dan museum BPCB DIY.

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022