ANTARAJAWABARAT.com, 20/1 - Dua jenis mobil yang dirakit dan dikembangkan di Bandung Raya Buggy dan Komodo dipamerkan di sela-sela pameran di Halaman Barat Gedung Sate Kota Bandung, Jumat.

Kehadiran dua mobil untuk kegiatan "off road" itu tampak menarik perhatian pengunjung, tak terkecuali Gubernur Jawa Barat H Ahmad Heryawan yang sempat mencoba mengemudikan dua kendaraan itu berkeliling di halaman kantornya itu.

"Cukup bagus dan inovatif, namun stirnya berat. Mungkin bisa pakai power steering agar lebih ringan," kata Gubernur Heryawan seusai mengemudikan Buggy dan Komodo.

Mobil Buggy merupakan kendaraan roda empat yang dirakit dan diproduksi oleh SMK Negeri 8 Kota Bandung. Kendaraan untuk "off road" itu sudah diproduksi dan dijual. Namun jumlahnya masih terbatas karena kapasitas produksi juga terbatas.

Sama halnya Mobil Komodo, juga memiliki karakter yang cocok untuk kegiatan "off road" atau penelitian di hutan. Kendaraan Komodo yang dikembangkan oleh PT Fin Tetra Cimahi. Meski berkarakter "off road," namun kendaraan itu irit bahan bakar.

Kedua kendaraan itu hanya berkapasitas tempat duduk dua orang, namun demikian menjadi salah satu potensi pengembangan mobil nasional.

"Diharapkan SMK-SMK dan kreator lainnya di Jawa Barat bisa menghasilkan produk yang bermanfaat dan potensial di masa depan, tidak hanya di sektor otomotif namun juga di sektor lainnya," kata Gubernur Heryawan.

Pada kesempatan itu, gubernur menyampaikan komitmennya untuk mendukung proses kreatif dari warga Jabar, termasuk di lembaga-lembaga pendidikan maupun lembaga riset.

Menurut Gubernur, Jabar memiliki reputasi cukup membanggakan di bidang inovasi produk, terutama industri kreatif. Diharapkan semangat itu terus menginspirasi warga Jabar untuk bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat dan berharga bagi generasi di masa depan.

"Jawa Barat merupakan gudangnya pelaku industri kreatif, diharapkan ke depan bersinergis dengan program pemerintah dengan menghasilkan produk-produk yang dibutuhkan pasar dan masyarakat," katanya.

Pewarta:

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2012