Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bhagasasi Bekasi bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, Jawa Barat menggelar vaksinasi COVID-19 dosis ketiga bagi masyarakat umum.

"Vaksinasi booster ini sebagai bentuk kepedulian kami kepada masyarakat sekitar," kata Kepala Bagian Hukum dan Humas PDAM Tirta Bhagasasi Ahmad Gunawan di lokasi vaksinasi, Kantor Pusat PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi, Jalan Inspeksi Kalimalang Cikarang Pusat, Kamis.

Baca juga: Pemkot Bekasi lanjutkan vaksinasi COVID terpusat di Stadion Patriot

Ahmad mengatakan pada pelaksanaan vaksinasi COVID-19 dosis penguat antibodi hari ini ditargetkan minimal 400 orang dapat tervaksinasi. Kegiatan serupa dipastikan akan dilaksanakan secara bertahap.

Peserta vaksinasi ini merupakan masyarakat umum yang sebelumnya telah menjalani vaksinasi dosis pertama dan kedua atau vaksinasi dosis lengkap minimal berjarak enam bulan serta dinyatakan lulus pemeriksaan kesehatan.

Selain menyasar masyarakat umum, kata dia, vaksinasi hari ini juga diperuntukkan bagi karyawan serta keluarga besar PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi.
"Ya, ini merupakan kegiatan lanjutan vaksinasi pertama dan kedua kami beberapa waktu lalu. Vaksinasi ini bertahap, nanti akan ada lagi," katanya.

Ahmad yang juga Ketua Satgas Vaksinasi COVID-19 PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi mengaku vaksinasi dosis lengkap yang digelar pihaknya telah menyasar kepada 1.500 orang lebih baik itu masyarakat umum maupun pegawai dan karyawan perusahaan.

Baca juga: Vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Bekasi capai 87,55 persen

Dia berharap melalui vaksinasi dosis ketiga ini masyarakat penerima vaksin menjadi lebih kuat daya tahan tubuhnya sehingga tidak mudah tertular virus corona.

"Kegiatan ini sekaligus bentuk dukungan perusahaan kepada pemerintah dalam rangka akselerasi vaksinasi khususnya di Kabupaten Bekasi," katanya.

Vaksinator Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi Asmah mengatakan vaksinasi COVID-19 di PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi melibatkan beberapa petugas yang terbagi dalam sesi vaksinasi mulai dari pendaftaran, pemeriksaan kesehatan, penyuntikan vaksinasi, hingga observasi.

"Sebelum divaksin, terlebih dahulu kami memeriksa kesehatan calon penerima di antaranya mengukur suhu tubuh, dan tensi. Juga memastikan mereka yang akan divaksin hari ini sudah berjarak enam bulan dari pelaksanaan vaksinasi dosis lengkap orang tersebut," kata dia.

Di Kantor PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi, penerapan protokol kesehatan dijalankan sesuai prosedur ketat perusahaan. Setiap karyawan dan pengunjung yang hendak masuk area kantor diwajibkan scan barcode PeduliLindungi serta mengukur suhu badan yang dibantu petugas keamanan setempat.

Baca juga: Pemkab Bekasi mulai laksanakan vaksinasi penguat

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022