ANTARAJAWABARAT.com,16/11 - Tim bola basket unggulan putra Filipina tampil sempurna dalam perebutan juara grup A dengan mengalahkan Thailand dengan skor telak 103-69 (54-34) di ajang SEA Games XXVI/2011 di Britama Arena Sport Canter Jakarta Utara, Rabu.

Filipina dipastikan menjadi juara grup A dengan skor sempurna enam hasil tiga kali bertanding tanpa kalah. Sedangkan Thailand menjadi "runner up" grup dengan skor lima hasil dua kali menang dan sekali kalah.

Sementara itu dua tim grup A lainnya, Vietnam dan Kamboja sudah dipastikan tersisih sejak kemarin, setelah keduanya menelan dua kekalahan.

Sedangkan dalam pertandingan yang tidak menentukan lagi, Vietnam mengalahkan Kamboja dengan skor 78-57.

Filipina merupakan juara bertahan dan pemegang medali emas SEA Games XXIV/2011 dan merupakan salah satu unggulan di ajang SEA Games 2011 bersama tuan rumah Indonesia yang juga sudah memastikan diri lolos ke semifinal.

Pada pertandingan melawan Thailand, bintang Filipina Cliford Marion Hodge menjadi pencetak angka terbanyak yakni 15 poin plus tiga rebound dan dua assist. Disusul kemudian kompatriotnya kiefer Isaac Ravena yang mencetak 12 angka.

Namun demikian, angka yang dibukukan pada pertandingan lawan Thailand terendah dibanding pada pertandingan sebelumnya melawan Kamboja yang mencetak 127 angka dan 107 angka. Filipina merupakan tim tersubur mencetak angka yakni 337 memasukan dan 190 kemasukan.

Sementara itu Tim Indonesia yang sudah menentukan diri ke semifinal masih menyisakan pertandingan melawan Singapura, Rabu malam nanti. Singapura dan Malaysia akan berebut satu tempat tersisa ke semifinal setelah nilai mereka imbang tiga hasil sekali menang dan sekali kalah.

Timnas Indonesia sendiri berambisi untuk menjuari grup B untuk terhindar dari pertemuan dengan tim kuat Filipina.***6***

Syarif A

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2011