Berikut ini adalah kabar terbaru terkait pandemi COVID-19 dari berbagai belahan dunia.

Asia-Pasifik

* Indonesia dan Selandia Baru melaporkan kasus pertama varian Omicron.

Baca juga: Kabar terbaru pandemi COVID di dunia

* Korea Selatan akan kembali memperketat pembatasan sosial setelah satu setengah bulan melonggarkannya.

* Otoritas kesehatan Selandia Baru telah memberikan persetujuan sementara atas pemberian vaksin Pfizer kepada anak-anak usia 5-11 tahun.

* Jepang resmi menyetujui vaksin Moderna untuk digunakan dalam program vaksinasi penguat (booster) yang dimulai bulan ini, sementara Takeda Pharmaceutical telah mengajukan izin penggunaan vaksin Novavax kepada kementerian kesehatan.
* Ribuan orang turun ke jalan di ibu kota Selandia Baru, Wellington, untuk memprotes aturan wajib vaksin dan karantina wilayah (lockdown) ketika negara itu mencapai tingkat vaksinasi lengkap 90 persen.

Baca juga: Kabar terbaru pandemi COVID-19 di dunia

* Para pemimpin negara bagian Australia tidak perlu "panik dan berlebihan" dalam menghadapi kemungkinan wabah varian Omicron, kata Menteri Keuangan Josh Frydenberg.

Timur Tengah dan Afrika

* Rwanda dan Kenya mengonfirmasi kasus pertama varian Omicron.

* Moderna akan mulai menguji coba vaksin COVID-19 buatannya di delapan negara Afrika untuk mengetahui efikasi vaksin itu pada orang-orang pengidap HIV.

Amerika

* Kanada meminta penduduknya untuk tidak pergi ke luar negeri. Sementara itu, provinsi-provinsi mempercepat vaksinasi untuk melawan varian Omicron yang menyebar cepat.
* Apple menunda rencana untuk membuka kembali kantornya dan telah menutup untuk sementara tiga tokonya di Amerika Serikat dan Kanada.

Eropa

* Pejabat tinggi kesehatan Inggris memperingatkan masyarakat untuk tidak berkumpul dengan orang lain kecuali untuk keperluan darurat menjelang perayaan Natal setelah negara itu mencatat rekor tertinggi kasus harian selama pandemi.

* Presiden Prancis Emmanuel Macron mengatakan ada kemungkinan vaksinasi COVID-19 akan diwajibkan, tapi saat ini belum menjadi prioritas.

Perkembangan Medis

* Dosis booster dari vaksin yang tersedia saat ini efektif melawan Omicron sehingga vaksin khusus untuk varian itu tidak diperlukan, kata pakar penyakit menular AS Anthony Fauci.

* Panel penasihat Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS akan bertemu pada Kamis untuk mempertimbangkan kemungkinan membatasi penggunaan vaksin Johnson & Johnson akibat masalah pembekuan darah yang terus terjadi, kata Washington Post.

* Model terstruktur tentang bagaimana Omicron menempel pada sel dan antibodi menjelaskan perilaku varian tersebut dan akan membantu perancangan antibodi penetralisasi, kata sejumlah peneliti.

Sumber: Reuters

Baca juga: Info terkini pandemi COVID-19 di dunia

Pewarta: Anton Santoso

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021