Dinas Kesehatan Cianjur, Jawa Barat, terus menggencarkan vaksinasi dari rumah ke rumah untuk meningkatkan capaian vaksinasi hingga 70 persen dari target 1,9 juta penerima diakhir tahun 2021.

Kadinkes Cianjur dr Irvan Nur Fauzi di Cianjur, Rabu mengatakan pihaknya optimistis target vaksinasi 70 persen sudah tercapai sebelum Desember 2021 berakhir, dengan cara mendatangi langsung kelompok warga yang belum mendapatkan vaksinasi dari rumah ke rumah.

Baca juga: Vaksinasi COVID-19 di Cianjur capai 63 persen

"Kami fokuskan pemberian vaksinasi untuk wilayah yang masih rendah persentasenya, dengan cara tenaga medis datang langsung ke rumah warga. Ini sebagai upaya memudahkan warga yang belum sempat mendapatkan vaksinasi karena berbagai kesibukan," katanya, seraya menjelaskan bahwa hingga pekan ini, angka vaksinasi di Cianjur sudah mencapai 65 persen.

Mendekati angka 70 persen, tutur dia, pihaknya tidak lagi memfokuskan pemberian vaksinasi terpusat atau massal karena jumlah warga yang sudah mendapatkan vaksinasi semakin mendekati target pemerintah provinsi dan pusat, sehingga di akhir tahun dapat tercapai 100 persen atau 1,9 juta penerima.

Bahkan, kata dia, untuk pelayanan vaksinasi malam di puskesmas tertentu yang ada di Cianjur, dinilai cukup meningkatkan angka penerima, sehingga hal tersebut, tetap dilakukan di sejumlah wilayah yang minat warga untuk mendapatkan vaksinasi malam hari masih tinggi.
Seiring mendekati target 70 persen, pihaknya terus mengimbau warga untuk tetap menerapkan protokol kesehatan ketat saat berkativitas di luar rumah dan menghindari kerumunan serta tidak membuat kerumunan, terutama saat libur Natal dan tahun baru karena pandemi masih ada.

"Jangan sampai terlena, karena sudah divaksin dapat beraktivitas bebas tanpa menerapkan protokol kesehatan. Mari sama-sama menghindari terjadinya penularan kembali, tetap menggunakan alat pelindung diri saat beraktivitas di luar rumah," katanya.

Baca juga: Cianjur ditargetkan pada awal tahun 2022 masuk level 1

Baca juga: Dinkes Cianjur optimistis target vaksinasi 70 persen tercapai dalam dua pekan

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021