Pemerintah Kabupaten Subang, Jawa Barat, menanam ratusan bibit pohon buah-buahan di sepanjang jalan Cipendeuy-Serangpanjang yang kini tengah proses pembangunan.

"Gerakan tanam buah-buahan ini adalah langkah Pemkab Subang dalam melakukan penghijauan," kata Kepala Dinas Pertanian Subang, Nenden Setiawati, dalam siaran pers yang diterima di Subang, Senin.

Baca juga: Subang normalisasi sungai untuk antisipasi banjir

Ia menyampaikan, jenis bibit tanaman buah yang ditanami ialah bibit pohon mangga garpita gading dan pete.

Untuk jumlah bibit yang ditanami di sepanjang jalan Cipendeuy-Serangpanjang sebanyak 200 bibit dari total 6.500 bibit pohon yang akan ditanam di berbagai daerah di sekitar Subang.

Bupati Subang Ruhimat mengatakan kalau kegiatan penanaman bibit pohon buah itu bukan hanya seremonial kegiatan penghijauan.
Ia menyampaikan, pembangunan jalan Cipendeuy-Serangpanjang targetnya akan segera diselesaikan dan dibuka pada 2024.

"Ini adalah hasil dari perjuangan seluruh pihak hingga akhirnya pembangunan jalan ini masuk dalam Proyek Strategis Nasional," katanya.

Kegiatan pembangunannya menggunakan dana dari pemerintah pusat dengan total biaya mencapai Rp2,4 triliun.

Menurut dia, pembangunan jalan sepanjang 28 kilometer tersebut adalah wujud komitmen Pemerintah Kabupaten Subang untuk menyiapkan Subang bukan hanya untuk hari ini, tapi untuk Subang di masa mendatang dalam menyambut era industrialisasi di Subang.

Baca juga: Subang lakukan pengerukan sungai antisipasi banjir

Baca juga: Bupati Subang berharap Pusat bantu daerah manfaatkan lahan negara untuk permukiman warga miskin

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021