ANTARAJAWABARAT.com, 5/10 - Ribuan pencari kerja padati "Job Fair" atau Pameran Lowongan Kerja di Grha Sanusi Hardjadinata Universitas Padjadjaran (Unpad), Bandung, Selasa.

Para calon pelamar ini sudah antre sejak pagi. Bahkan, hingga sore tadi antrean di pintu utama tidak juga surut.

"Job Fair" bertajuk 'Leads You to The Future' ini diselenggarakan oleh Kemahasiswaan Unpad dan Himpunan Mahasiswa Hubungan Masyarakat (Humas) Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Unpad.

Sebanyak 15 perusahaan nasional hadir dalam Jobfair yang berlangsung selama dua hari ini, Selasa (4/10) dan Rabu (5/10).

Perusahaan tersebut diantaranya, Permata Bank, Nestle, Trans7, B&B Inc., Astra Group, Bank Mandiri, PT Keihin Indonesia, BTPN, Toba Pulp Lestari, Kompas Gramedia, Bank Danamon, BRI, BNI, Millward Brown, dan PT PTI (Wardah Cosmetic).

Kelimabelas perusahaan tersebut tersebar dalam sejumlah stand yang disediakan, sehingga para pelamar dapat bertatap muka langsung dengan HRD masing-masing perusahaan.

"Beberapa perusahaan langsung mengadakan walk interview di hari yang sama," kata Pristie Aprilla, Koordinator Media kegiatan ini.

Pameran Lowongan Pekerjaan ini merupakan agenda tahunan dari Unpad untuk mempertemukan para pencari kerja yang potensial dengan perusahaan-perusahaan mitra Unpad.

Pristie menuturkan, "Job Fair" ini akan diisi dengan berbagai kegiatan, seperti Presentasi dari sejumlah perusahaan, Seminar, Rekrutmen Tenaga Kerja, Interview langsung serta tes psikotes.

Berdasarkan hasil pengamatan, antrean terpanjang terjadi di stand-stand perusahaan perbankan.

Arini misalnya, mahasiswa lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) ini memasukan lamarannya ke Bank Mandiri.

"Saya masukin lamaran tadi pagi, siang ini saya langsung dipanggil untuk mengikuti tes," kata Arini.

Selain pameran, ada pula seminar "Self Motivation" oleh Aqua Dwipayana (motivator dan pakar komunikasi), "Communication Skill" oleh Ronny Jatnika (Vice Marketing Director Sinar Sosro), dan seminar "How to Make an Appropriate Curriculum Vitae" oleh Igit Yuniarti (Operational Manager Bina Daya Sinektika).

Acara ini terbuka umum dan dikenakan biaya sebesar Rp10.000,00, sedangkan untuk alumni Unpad tidak dikenakan biaya, cukup menunjukan Kartu Tanda Mahasiswa Unpad. Para pelamar cukup membawa CV dalam bentuk 'sofcopy'.

"Kami berharap pameran ini bisa menjadi wadah alternatif bagi para lulusan baru, sekaligus untuk memfasilitasi perusahaan dalam menjaring tenaga kerja," kata Pristie.

-achie-

Pewarta:

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2011