Ketua Komisi IV DPRD Kota Bogor Said Muhammad Mohan meminta warga Kota Bogor tetap menjaga diri dan tidak terlena merayakan libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 secara berlebihan menyusul pembatalan PPKM level 3 serentak. 
 
“Meski PPKM level 3 dibatalkan, penerapan peraturan terkait beberapa pembatasan kan tetap dilakukan. Jadi saya imbau warga Kota Bogor tidak merayakan dengan euforia berlebih,” kata Mohan di Kota Bogor, Selasa.

Baca juga: Kabupaten Bogor mulai buka taman umum dengan pembatasan
 
Memurut Mohan, dukungan warga yang tidak euforia pada momen Natal dan Tahun Baru juga perlu diimbangi oleh Pemerintah Kota Bogor dengan mengejar realisasi capaian vaksinasi yang sudah ditetapkan sebagai target yang pada Desember ini yakni menyentuh angka 90 persen.
 
Hal ini menurutnya, menjadi ikhtiar guna mencegah terjadinya penyebaran dan lonjakan kasus lCOVID-19. Di tengah ada isu varian corona baru yang sedang menyebar di luar negeri.
 
Sesuai dengan pengumuman pembatalan PPKM level 3 pada libur Natal dan Tahun Baru mulai tanggal 24 Desember hingga 2 Januari 2022 yang disampaikan pemerintah, Senin, melalui Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam keterangan tertulis di Jakarta akan digantikan dengan memberlakukan sejumlah pengetatan.
 
Kebijakan PPKM di masa Natal dan Tahun Bar akan dibuat lebih seimbang dengan disertai aktivitas testing dan tracing yang tetap digencarkan.

Baca juga: Kabupaten Bogor kini berstatus PPKM level 2
 
Pemerintah tidak menyamaratakan perlakuan di semua wilayah menjelang momen Natal dan Tahun Baru lantaran penguatan 3T (testing, tracing dan treatment) dan capaian vaksinasi dalam satu bulan terakhir.
 
Vaksinasi dosis 1 di Jawa-Bali pun sudah mencapai 76 persen dan dosis 2 yang mendekati 56 persen. Vaksinasi lansia terus digenjot hingga saat ini mencapai 64 dan 42 persen untuk dosis 1 dan 2 di Jawa Bali.
 
Dengan begitu, kata Mohan, Pemerintah Kota Bogor perlu sangat serius menggencarkan vaksinasi untuk mendukung aktivitas warga yang kondusif.
 
“Capaian target vaksinasi harus tetap dikejar. Agar ikhtiar kita untuk mencegah penyebaran Covid-19, bisa terwujud dan Kota Bogor bisa kembali normal,” ujar Mohan.
 
Baca juga: Kota Bogor siaga terapkan ganjil genap Jelang Natal dan Tahun Baru 

Pewarta: Linna Susanti

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021