Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Garut, Jawa Barat mencanangkan program layanan Pusat Informasi Publik atau Public Information Center (PIC) sebagai langkah terobosan baru untuk memudahkan penyebaran dan memberikan layanan informasi yang mudah dan transparan bagi masyarakat.

"Pembentukan PIC ini memiliki tujuan untuk mendukung pelaksanaan tugas pemerintah daerah khususnya dalam penyebarluasan informasi dan keterbukaan informasi publik untuk masyarakat," kata Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Garut Yeni Yunita melalui siaran pers di Garut, Sabtu.

Ia menyampaikan kehadiran PIC Garut sebagai upaya peningkatan pelayanan informasi publik bagi masyarakat Kabupaten Garut dalam rangka mewujudkan pemenuhan hak publik terhadap informasi.

Menurut dia, keberadaan PIC akan membantu lembaga pemerintah dalam penyebaran informasi kepada seluruh lapisan masyarakat sekaligus upaya mewujudkan transparan sistem informasi dan komunikasi yang baik, cepat, tepat dan akuntabel.

Baca juga: Pemkab Garut tunjuk duta vaksin lansia tingkatkan capaian vaksinasi

"Ketika kondisi itu berjalan maka cita-cita penyelenggaraan pemerintahan yang transparan akan segera terwujud dengan terbangunnya sistem informasi dan komunikasi yang baik, dan lalu lintas pertukaran informasi pun akan cepat, tepat dan akuntabel," kata Yeni.

Selain penyebarluasan informasi dari pemerintah, kata Yeni, program tersebut menjadi salah satu media dalam menerima informasi dari masyarakat yang nantinya bisa disebarluaskan kembali melalui PIC Garut.

"Sebaliknya juga untuk menampung informasi pembangunan yang disampaikan oleh publik untuk disebarluaskan kembali pertukaran informasi," katanya.
 

Ia menambahkan keberadaan PIC sesuai dengan tugas dan kewajiban pemerintah daerah dalam memberikan informasi tentang program maupun kebijakan pemerintah tingkat pusat, provinsi maupun kabupaten yang perlu diketahui masyarakat luas.

"Ini manfaatnya sebagai fungsi diseminasi informasi publik, bahwa kewajiban Kominfo untuk menyebarluaskan kebijakan-kebijakan baik pemerintah pusat, provinsi, dan daerah, lalu fungsinya juga untuk pertukaran informasi, untuk pelayanan informasi, dan untuk komunikasi publik," katanya.

Baca juga: Pembangunan wisata pantai Sayang Heulang di Garut mencapai 70 persen

Bupati Garut Rudy Gunawan mengapresiasi program PIC Garut sebagai bentuk keseriusan pemerintah daerah memberikan akses informasi seluas-luasnya kepada masyarakat.

"Ini membuktikan keseriusan pemda untuk memberikan akses seluas-luasnya dalam menghimpun dan menyebarkan segala informasi kepada masyarakat, melalui media-media online ataupun media-media lain yang bersifat elektronik maupun bersifat langsung," kata Bupati.
 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Feri Purnama


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021