ANTARAJAWABARAT.com, 1/9 - Presiden RI ketiga Bachrudin Jusuf Habibie berziarah ke makam mertuanya di Taman Pemakaman Umum (TPU) Cikutra, Bandung, Kamis.

Dalam kesempatan itu Habibie didampingi oleh keponakannya Adrie Subono dan sejumlah ajudan.

Di hari kedua Lebaran itu, Habibie terlihat mengenakan jas berwarna abu dan kopiah hitam. Rombongan Habibie itu tiba di Cikutra tepat tengah hari.

Dalam kompleks pemakaman Cikutra tersebut terdapat makam ibunda dari istri Habibie, Ainun Habibie, yaitu Sudarmi binti Sosro Wiyoto, yang wafat pada 2005.

Selama sekitar 20 menit Habibie berziarah di makam mertuanya tersebut. Meski area tidak disterilkan, namun penjagaan di sekitar Habibie cukup ketat.

Selesai berdoa di depan makam mertuanya, Habibie pun keluar dari kompleks pemakaman dengan menggunakan payung hitam, masih didampingi keponakannya yang sekaligus promotor musik ternama di Indonesia tersebut.

Habibie tampak tergesa-gesa dan langsung masuk ke mobilnya. Seorang ajudan yang ditanyai memberi isyarat tak ada waktu untuk wawancara
TPU Cikutra siang itu tengah dipenuhi para peziarah.

Menurut Kepala TPU Cikutra, Rudi Ahmad Junanto, pada Kamis ini jumlah peziarah jauh lebih banyak dibanding hari lebaran pertama.

"Hari ini (Kamis) peziarahnya lebih banyak daripada kemarin. Sampai jalan di depan TPU juga tadi sempat macet ya," kata Rudi.

Rudi menuturkan, seperti tahun lalu Lebaran hari kedua seringkali menjadi puncak kepadatan peziarah di TPU ini.

"Biasanya kan kalau hari pertama orang-orang masih sibuk silaturahmi ke rumah-rumah saudara. Nah, jadi biasanya hari kedua yang dipilih untuk berziarah ke makam," katanya.



-achie-

Pewarta:

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2011