Kepala Dinas Pendidikan Kota Bogor Hanafi mengatakan telah mengerahkan seluruh personelnya untuk mengurai masalah jaringan internet dari keluhan beberapa sekolah dasar (SD) saat Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK).

Disdik akan memastikan kembali sarana dan prasarana ANBK di 168 SD yang berlangsung satu pekan ini dalam kondisi yang baik, katanya di Bogor, Senin.

Hal ini menanggapi aspirasi yang disampaikan Komisi IV DPRD Kota Bogor mengenai ada laporan keluhan sekolah tentang jaringan internet yang lambat saat ANBK.

Sekretaris Komisi IV DPRD Kota Bogor Endah Purwanti mengaku menerima laporan keluhan-keluhan itu dari sekolah atas proses ANBK yang merupakan pengganti ujian nasional (UN).

Endah meminta agar Dinas Pendidik (Disdik) Kota Bogor memberikan pendampingan kepada seluruh sekolah agar ANBK bisa berjalan lancar.

Hanafi pun akan memastikan kesiapan perangkat pendukung menjadi perhatian Disdik Kota Bogor untuk menjaga kenyamanan siswa dalam menghadapi ujian berbasis komputer itu.

Terlebih, ANBK memang pengganti Ujian Nasional yang sebelumnya menjadi tolok ukur kelulusan siswa.

Dikatahui, Dikdik Kota Bogor mulai memberlakukan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas bagi siswa kelas 4,5 dan 6 diuji coba secara bertahap dari 36 SD sejak Senin, 18 Oktober 2021.

Hanafi sebelumnya menargetkan dari total 280 SD di Kota Bogor terdiri atas 211 SD negeri dan 69 SD swasta akan seluruhnya menjalankan PTM pada akhir November 2021.

Hingga minggu kedua Bulan November ini telah ada 168 SD yang menjalankan PTM dan melaksanakan ANBK.

"Semoga ANBK SD bisa berjalan dengan baik sesuai kebijakan Kemendikbud. Kalau ada kendala, kita selesaikan di lapangan," kata Hanafi.

Hanafi menjelaskan ANBK tingkat SD digelar secara bertahap selama sepekan ini dengan yang terus dipantau untuk memastikan kendala dapat segera diatasi.

"Jadi ada empat gelombang untuk ANBK ini dan kami menerjunkan seluruh personel untuk mengawal agar berjalan lancar," jelas Hanafi.

Baca juga: DPRD minta Disdik Bogor atasi kendala jaringan internet ANBK

Baca juga: DPRD dorong Disdik Bogor usulkan bantuan internet untuk pelajar dalam PJJ

Baca juga: Pemkot Bogor pasang wifi di 900 titik bantu pelajar ikuti PJJ

Pewarta: Linna Susanti

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021