ANTARAJAWABARAT.com,10/8 - Sejumlah warga Pantura Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, yang terlibat dalam berbagai perkara hukum minta kinerja Pengadilan Negeri setempat ditingkatkan karena dinilai lambat dalam melakukan persidangan perkara pidana.

Tursinah seorang warga yang menjadi saksi perkara pidana umum kepada wartawan di Indramayu, Rabu, mengatakan, kinerja Pengadilan Negeri Indramayu harus diawasi karena sejumlah hakim sering terlambat datang ke persidangan selain itu memasuki jam istirahat cukup lama.

Panggilan dari Kejaksaan Indramayu harus datang kurang dari pukul 09.00 WIB, kata Tursinah, jam 15.00 baru menjalani persidangan, dirinya sebagai saksi serba salah menunggu sidang hampiran seharian di Pengadilan, jika tidak hadir memberatkan Jaksa.

"Sudah tiga kali menjalani persidangan di Pengadilan Negeri Indramayu, sering lambat dan pulang ke rumah hingga malam hari karena perjalanan menuju Pengadilan cukup jauh, dirinya berharap sidang sesuai jadwal, jangan merugikan masyarakat,"katanya.

Mar salah seorang Jaksa mengaku, terlambatnya sidang jelas merugikan saksi karena mereka datang sesuai dengan undangan pihaknya, sedangkan persidangan sering terlambat karena terkendala teknis, dirinya berharap pihak Pengadilan Negeri Indramayu menepati jadwal sidang.

Jadwal sidang di Pengadilan Negeri Indramayu biasanya dimulai kurang dari pukul 10.00 WIB sehingga pihaknya mengundang saksi sekitar pukul 09.00 WIB, kata Mar, namun setelah mereka datang terpaksa menunggu hakim karena sering datang terlambat.

Menurut dia, kehadiran saksi membantu berjalannya sidang perkara baik pidana umum juga perkara khusus, namun disayangkan jika persidangan mundur dengan waktu cukup lama, saksi tersebut tidak berani mengeluhkan langsung, namun khawatir mereka kapok kembali menjadi saksi.

Sementara itu Priyanto salah seorang saksi lain mengaku, sudah empat jam menunggu di Pengadilan Negeri Indramayu hakimnya belum datang jadi sidang diundur menunggu hakim tersebut datang, setelah datang terpotong istirahat dan makan siang, sore hari baru mulai sidang.

Dirinya berharap pihak terkait hal ini Kejaksaan dan Pengadilan Negeri Indramayu harus tepat waktu dalam bekerja, karena menunggu sebagai saksi cukup membosankan, sementara hiburan di Pengadilan tersebut tidak tersedia, saksi hanya duduk menunggu kesal hingga sore baru mereka pulang.

Iman warga Indramayu menuturkan, kinerja Pengadilan Negeri Indramayu harus dievaluasi karena sering dikeluhkan sejumlah masyarakat yang berhubungan dengan masalah hukum, terutama mereka yang dijadikan saksi, harus menunggu berjam-jam hingga sidang usai.

Menurut dia, tidak disiplinnya baik Hakim juga Jaksa yang dirugikan jelas masyarakat Pantura karena mereka harus menghabiskan waktu sehari penuh berada di Pengadilan Negeri Indramayu.***4***

Enjang S

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2011