ANTARAJAWABARAT.com,25/7 - Polsek Margaasih, Kota Cimahi, Jawa Barat, meyakini pelaku aksi bakar diri di Desa Lagadar Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung merupakan seorang yang mengalami gangguan jiwa atau depresi.

"Berdasarkan proses identifikasi yang dilakukan tim identifikasi dari Polres Cimahi, diketahui jika pelaku bernama Agus Effendi seorang warga RT 05 RW 06 Kampung Peundeuy Desa Lagadar kecamatan Margaasih Kabupaten Bandung," kata Kapolsek Margaasih Ajun Komisaris Polisi Gunawan P kepada wartawan, Senin.

Menurutnya, pelaku nekat melakukan aksi bakar diri karena mengalami depresi sejak ditinggal ibunya tiga tahun lalu. Pihaknya, pertama kali menerima laporan mengenai aksi bunuh itu pada pukul 06.45 WIB, Senin. Setelah itu, pihaknya langsung menghubungi Satreskrim Polres Cimahi untuk melakukan olah TKP.

"Selain itu kita pun telah meminta beberapa keterangan dari pihak saksi. Hanya saja, saat akan melakukan otopsi pihak keluarga menolaknya, dengan alasan akan langsung dimakamkan," ujarnya.
Sementara itu, menurut salah seorang saksi mata, Abas Sudarman mengatakan, Agus Efendi yang berusia 38 tahun dilihat warga tewas dengan kondisi seluruh badan yang sudah hangus terbakar. Dibenarkannya, jika sang pelaku mengalami gangguan jiwa musiman karena faktor ekonomi dan ditinggal ibunya meninggal dunia.

"Kita sebagai tetangga tidak menyangka apabila Agus akan melakukan tindakan nekat seperti itu. Memang dia kurang waras, tapi selama ini aksinya tidak ada yang seperti yang dilakukan seperti ini hingga merenggut nyawanya sendiri," ujarnya.

Dikatakannya, Agus ditemukan dalam kondisi mengenaskan dengan seluruh tubuh hangus terbakar di sebuah lahan kosong tak jauh dari dari rumahnya. Dalam keseharinnya, Agus dikenal sebagai seorang pengangguran dan merupakan orang yang suka menyendiri.

"Setelah warga menemukan dan melaporkannya pada aparat kepolisian. Tak lama dari itu, mayat korban yang sudah gosong dan tak berbentuk langsung dibawa kerumahnya. Karena pihak keluarga ingin semua masalah segera selesai," ujarnya.***3***




(U.pso-215/C/Y003/Y003) 25-07-2011 14:37:45

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2011