PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Bekasi memberikan penyambungan listrik gratis kepada 32 pelanggan baru bertegangan 450 Volt Ampere (VA) dalam rangka memperingati Hari Listrik Nasional ke-76.

"Penyambungan baru ini dihasilkan lewat program PLN Mobile Virtual Charity Run and Ride (VCRR) 2021 yang digelar di seluruh Indonesia," kata Manajer PLN UP3 Bekasi Rahmi Handayani di Bekasi, Rabu.

Dia menjelaskan bantuan penyambungan gratis ini dilakukan PLN dengan terlebih dahulu memastikan penerima manfaat terdaftar di data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial Republik Indonesia.

"Di cakupan wilayah kami kebetulan terdapat 32 pelanggan yang berhak menerima bantuan ini, makanya kita salurkan untuk mereka," katanya.



Rahmi mengatakan melalui program VCRR 2021 peserta diajak menerapkan gaya hidup sehat melalui olahraga lari dan sepeda. Setiap kilometer yang ditempuh oleh pelari dan pesepeda dikonversikan dalam bentuk rupiah yang digunakan untuk membiayai penyambungan listrik masyarakat tidak mampu.

"Setiap kilometer lari akan dikonversikan ke dalam rupiah yaitu sebesar Rp40.000 dan sepeda sebesar Rp36.000," katanya.

PLN Mobile VCRR, kata dia, digelar sejak 16 Oktober hingga 7 November 2021 dengan mengambil tema 'Terang Negeriku, Tangguh Indonesiaku'. Peserta bisa melakukannya dimana saja dan juga mencicil jarak lari dan bersepedanya untuk tujuan beramal.

Rahmi mengajak masyarakat ikut berpartisipasi dalam PLN Mobile VCRR 2021 sebab selain sehat juga berkontribusi membantu sesama agar bisa segera menikmati layanan listrik.

"Dengan hadirnya listrik, diharapkan kesejahteraan saudara-saudara kita di seluruh Nusantara bisa lebih meningkat," katanya.



Diketahui biaya normal penyambungan listrik satu rumah termasuk dengan instalasi listrik dalam rumah, pemeriksaan instalasi, sertifikat laik operasi, serta token dan materai sebesar Rp800 ribu sampai dengan Rp1 juta. 

Kemudian berdasarkan data PLN Jawa Barat, dari hasil donasi sementara telah terkumpul Rp2,1 miliar yang diperuntukkan bagi biaya penyambungan listrik keluarga pra-sejahtera.

Donasi itu ditargetkan dapat tersalurkan kepada 3.000 pelanggan yang tersebar di sembilan unit pelaksana yakni Bekasi, Cimahi, Cirebon, Majalaya, Purwakarta, Indramayu, Tasikmalaya, Garut, dan Sukabumi.

Baca juga: PLN Bekasi bantu sambung listrik gratis ke warga kurang mampu

Baca juga: PLN DJBB SAMBUNG 22.000 PELANGGAN BARU

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021