Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kabupaten Bandung Barat membuat beberapa aplikasi yaitu Visit KBB, SIGAP Bencana, Pelayanan PBB dan BPHTB Online. 

Setiap aplikasi tersebut memiliki fungsi tersendiri dimana tujuan dari masing masing aplikasi tersebut ialah untuk membantu dan melayani seluruh masyarakat Kabupaten Bandung Barat. 

Aplikasi Visit KBB bertujuan untuk memberi informasi kepada seluruh masyarakat dan wisatawan yang akan berkunjung dan rekreasi di Bandung Barat tentang destinasi wisata yang ada di Bandung Barat. 

Aplikasi Visit KBB memiliki berbagai macam fitur seperti EKRAF untuk membantu mengembangkan dan memberikan informasi tentang ekonomi kreatif, Peta Informasi untuk melihat informasi lokasi tempat wisata, Informasi wisata lengkap dimana masyarakat dapat melihat informasi Harga Tiket, Jam Buka-Tutup, dan informasi lainnya yang disediakan oleh masing-masing tempat wisata.

Aplikasi SIGAP Bencana bertujuan untuk memberikan informasi dan mengingatkan masyarakat Bandung Barat tentang bencana yang terjadi di Bandung Barat dan menyediakan wadah bagi masyarakat untuk melaporkan kejadian bencana di Bandung Barat agar dapat secara sigap ditangani oleh BPBD Bandung Barat. 

Aplikasi SIGAP Bencana memiliki berbagai macam fitur seperti fitur Informasi Peta Bencana dimana masyarakat dapat melihat lokasi kejadian bencana dan detail informasi bencana seperti Deskripsi Kejadian, Foto Bencana, dan informasi lainnya. SIGAP Bencana juga memiliki fitur Dashboard dimana masyarakat dapat melihat rekap kejadian bencana per periodik pada aplikasi agar masyarakat lebih waspada terhadap bencana yang terjadi.

Fitur aplikasi SIGAP Bencana lainnya yaitu respon verifikasi laporan dimana Petugas akan lebih cepat tanggap menanggapi Bencana yang terjadi melalui aplikasi sehingga masyarakat yang terdampak bencana dapat mendapatkan bantuan secara lebih cepat, responsif, dan tentu saja lebih sigap.
Aplikasi Pelayanan PBB bertujuan untuk membantu pelayanan PBB secara Online untuk masyarakat Bandung Barat seperti pelayanan Objek Pajak Baru dimana masyarakat dapat mendaftarkan diri sebagai Objek Pajak Baru dengan mengunggah Informasi yang dibutuhkan dan dapat langsung diverifikasi oleh petugas pelayanan PBB.  (Foto Humas KBB)


Aplikasi Pelayanan PBB bertujuan untuk membantu pelayanan PBB secara Online untuk masyarakat Bandung Barat seperti pelayanan Objek Pajak Baru dimana masyarakat dapat mendaftarkan diri sebagai Objek Pajak Baru dengan mengunggah Informasi yang dibutuhkan dan dapat langsung diverifikasi oleh petugas pelayanan PBB. 

Fitur lainnya yang tersedia pada aplikasi Pelayanan PBB yaitu Mutasi Subjek Utuh, Mutasi Subjek Pecah, Mutasi Subjek Gabung, Pembetulan SPPT, Pembatalan SPPT, Salinan SPPT, Pengurangan Pajak Terhutang dan Denda Administrasi.

Dengan fitur-fitur yang tersedia di atas, masyarakat Kabupaten Bandung Barat dimudahkan dengan pelayanan secara Online dimana masyarakat tidak perlu mendatangi Komplek Perkantoran Pemerintah Kabupaten Bandung Barat untuk melakukan layanan PBB, sehingga masyarakat dapat menghemat waktu, tenaga, dan tentu saja biaya.

Aplikasi Pelayanan BPHTB bertujuan untuk membantu pelayanan BPHTB secara Online bagi notaris-notaris Bandung Barat seperti Pendaftaran, Verifikasi, dan Pembayaran BPHTB,

Dengan adanya aplikasi Pelayanan BPHTB, notaris tidak perlu lagi sibuk mengurusi jual beli tanah dengan harus bolak balik mendatangi Komplek Perkantoran Pemerintah Kabupaten Bandung Barat. Notaris hanya perlu mengunggah dokumen yang diperlukan saat pendaftaran dan menyiapkan dokumen lanjutan pembayaran BPHTB, dokumen pun dapat langsung diverifikasi oleh bagian pelayanan BPHTB sehingga menghemat waktu dan biaya notaris dan mempercepat layanan menjadikannya lebih efektif dan efisien.

Pewarta: HUmas Pemkab Bandung Barat

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021