Dinas Perikanan Kabupaten Karawang, Jawa Barat, optimistis mampu mencapai target produksi pengolahan hasil perikanan atau olahan ikan hingga akhir tahun ini.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perikanan Abu Bukhori, di Karawang, Minggu mengatakan pada tahun ini target produksi olahan ikan di daerahnya mencapai 30.867 ton.

Ia mengatakan, jika dilihat kondisi tahun lalu yang realisasinya mencapai 30.711 ton olahan ikan, maka pihaknya optimistis target produksi olahan ikan pada tahun ini dapat tercapai.

Hingga kini, katanya, capaian produksi olahan ikan di daerahnya sudah hampir mencapai angka 28 ribu ton.

Olahan ikan di Karawang itu sendiri meliputi pemindangan, pengeringan atau penggaraman, fermentasi, pelumatan daging, pengasapan dan jenis olahan lainnya.

Abu menyebutkan, sampai saat ini tercatat 3.309 orang yang bergerak melakukan usaha pengolahan ikan.

"Untuk olahan ikan yang menjadi komoditas unggulan itu di antaranya pindang bandeng, bandeng duri lunak dan abon ikan," katanya.

Selain itu, dalam pengolahan perikanan juga ada usaha garam rakyat yang pada tahun lalu berhasil memproduksi hingga 1.566 ton garam.

Usaha garap rakyat ini tersebar di empat kecamatan, yakni Kecamatan Cilamaya Kulon, Cilamaya Wetan, Tirtajaya dan Kecamatan Tempuran.

Baca juga: Stafsus Menteri BUMN ajak ibu-ibu Karawang ikuti program PNM Mekaar

Baca juga: Mengurus perizinan di Karawang mudah dan bisa dari rumah

 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021