Kepolisian Resor Kota (Polresta) Cirebon, Jawa Barat, menggelar vaksinasi merdeka secara serentak di 15 desa yang akan menggelar pemilihan kepala desa pada tahun 2021 ini.

"Vaksinasi Merdeka kali ini diikuti 3.761 warga dari 15 desa di Kabupaten Cirebon," kata Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budiman di Cirebon, Rabu.

Arif mengatakan lokasi Vaksinasi Merdeka ialah desa-desa yang akan melaksanakan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak pada tahun 2021.

Pemilihan 15 desa tersebut untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19 di desa yang menggelar pilkades, karena vaksinasi diharapkan membuat kekebalan kelompok telah terbentuk.

"Sehingga gelaran Pilkades tidak berimbas pada peningkatan kasus COVID-19 di Kabupaten Cirebon," tuturnya.

Arif berharap, rangkaian vaksinasi merdeka dapat mempercepat pembentukan kekebalan kelompok masyarakat Kabupaten Cirebon.

Namun, Arif berpesan kepada seluruh warga yang telah divaksin tetap mematuhi protokol kesehatan, sebab vaksinasi bukan jaminan membuat kebal dari COVID-19 sehingga mereka masih mempunyai kemungkinan terpapar.

"Kami mengimbau agar protokol kesehatan selalu diterapkan setiap saat, bahkan jika perlu diperketat lagi," katanya.

Ia menambahkan untuk 15 desa yang menggelar Vaksinasi Merdeka di antaranya yang Desa Keduanan, Trusmi Kulon, Gintungranjeng, Luwungkencana, Desa Panguragan Wetan dan beberapa desa lainnya.

Baca juga: Presiden Jokowi minta mahasiswa gerakkan masyarakat ikuti Vaksinasi Merdeka

Baca juga: Presiden Jokowi ingatkan dua kunci pengendalian COVID-19

Baca juga: Ribuan santri di Kabupaten Cirebon ikuti Vaksinasi Merdeka

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021