Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, mencatat capaian vaksinasi COVID-19 di daerah tersebut sampai saat ini masih rendah dan baru menjangkau 26 persen dari target sasaran.

"Capaian vaksinasi kita baru 26 persen, atau hanya 479 ribu jiwa dari 1,7 juta sasaran," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon Eni Suhaeni di Cirebon, Senin.

Eni mengatakan, target sasaran vaksinasi di Kabupaten Cirebon, mencapai 1.782.964 jiwa dan saat ini untuk capaian vaksinasi baru 479 ribu jiwa atau 26 persen.

Menurutnya distribusi dan ketersediaan vaksin menjadi salah satu faktor rendahnya vaksinasi di Kabupaten Cirebon. Sehingga menghambat pelaksanaan vaksinasi.

"Sekarang sudah mulai lancar dan pekan depan kita menerima vaksin juga," ujarnya.

Eni menambahkan pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Cirebon, terbantu dengan gerakan vaksinasi massal yang dilakukan TNI-Polri.

Ia melanjutkan setiap melaksanakan vaksinasi massal, baik itu anak sekolah, masyarakat umum sangat antusias.

"Jadi ada yang tidak kebagian, bahkan dari pagi sudah antre takut tidak kebagian vaksin," katanya.

Eni mengatakan Pemkab Cirebon menargetkan vaksinasi rampung pada akhir tahun ini, untuk itu dalam sehari vaksinasi di Cirebon harus mencapai 30 ribu orang.

"Tapi saat ini capaian vaksinasi kita baru 3.000 hingga 4.000 per hari, namun provinsi akan mendistribusikan banyak vaksin pada September ini, semoga target bisa terpenuhi," katanya. 

Baca juga: Ribuan santri di Kabupaten Cirebon ikuti Vaksinasi Merdeka

Baca juga: Presiden Jokowi tinjau vaksinasi COVID-19 "door to door" di Kota Cirebon

Baca juga: Erick apresiasi upaya BRI vaksinasi 3.000 santri di Cirebon

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021