Bandung, 17/2 (ANTARA) - Pelaku perampokan Bank BTN Kantor Kas Bojongsoang, Jalan Terusan Buah Batu Bandung, mengambil boks CCTV yang ada di dalam bank tersebut untuk menghilangkan jejak.

"Nah justru itu, si pelaku rupaya mengambil CCTV yang ada di dalam bank sehingga menghambat pengungkapan identitas pelaku," kata Kapolsekta Bandung Kidul Kompol Rina Winarni, di lokasi kejadian, Kamis malam.

Kompol Rina mengatakan, aksi pelaku yang mengambil boks CCTV menandakan bahwa pelaku sudah merencanakan perampokannya.

"Artinya mereka sudah merancang atau mengkoordinir aksi perampokannya," ujarnya.

Sekitar pukul 14.59 WIB tadi, Bank BTN Kantor Kas Bojong Soang disatroni empat orang perampok.

Peristiwa perampokan yang berlangsung sekitar pukul 14.59 WIB dan sebelum menggondol uang kas dari Bank BTN yang berlokasi di Jalan Terusan Buahbatu Kota Bandung itu, pelaku mengikat sejumlah karyawannya dengan menggunakan lakban dan menyekapnya di salah satu ruangan.

Kejadian perampokan di kawasan sibuk di bagian selatan Kota Bandung itu hanya berlangsung sekitar 10 menit.

Para karyawan bank itu tidak bisa berkutik di bawah ancaman senjata api genggam.

"Pelaku empat orang, mereka masuk setelah nasabah terakhir keluar dari bank itu. Mereka mengikat karyawan dan menyekapnya. Pelaku membawa kabur uang tunai Rp67 juta," kata Kapolsekta Bandung Kidul Kompol Rina Winarni.

Pertama pelaku melumpuhkan Doni yang menjadi penjaga keamanan di sana. Satpam itu tidak bisa berbuat banyak di bawah todongan senjata api yang kemudian diikat bersama lima karyawan lainnya.

Dalam kondisi kantor kas bank tengah sepi, pelaku leluasa menggasak uang yang disimpan di dalam kas, setelah memastikan berhasil menggondol yang dalam jumlah banyak, para pelaku kabur dengan meninggalkan para karyawan yang masih terikat.

Sementara itu petugas teller Ny Rini yang lagi hamil tidak diikat seperti petugas lainnya langsung menolong rekan-rekannya setelah para pelaku melarikan diri.

Kemudian karyawan bank itu mengontak petugas kepolisian Polsek Bandung Kidul dan Polrestabes Bandung yang langsung menurunkan anggotanya untuk melakukan olah TKP.

Lokasi Bank BTN Kantor Kas Bojongsoang itu dipasangi garis polisi selama proses penyidikan berlangsung.

Dari lokasi kejadian, polisi menemukan sebuah pistol mainan yang diduga digunakan oleh pelaku untuk menakut-nakuti korbannya saat beraksi.

"Salah satu barang bukti yang berhasil ditemukan sebuah pistol mainan," katanya.
Ajat S

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2011