Akademi Telkom (Akatel) Jakarta sebagai perguruan tinggi di bawah Yayasan Pendidikan Telkom (YPT) telah ditingkatkan statusnya menjadi Institut Teknologi Telkom (IT Telkom) Jakarta.

"Sekarang sudah naik kelas dari akademi menjadi institut. Dengan peningkatan status ini, kami optimis IT Telkom Jakarta akan melahirkan generasi unggul yang mampu menjawab tantangan global industri digital," kata Direktur Utama YPT, Sindhu Aryanto dalam keterangannya di Jakarta, Minggu.

Peluncuran IT Telkom Jakarta dilaksanakan pada Sabtu (21/8) secara virtual, posisi Rektor diduduki oleh Dr. Ir Agus Achmad Suhendra,M.T yang akan menjabat periode 2021 - 2025. Pada acara tersebut turut hadir secara online Gubernur DKI Jakarta, Wali Kota Jakarta Barat, Dirjen Dikti, dan Kepala LLDIKTI III.

"IT Telkom Jakarta memiliki visi menjadi Global Innovative dan Entrepreneurial University. Untuk dapat mewujudkan visi tersebut maka berbagai langkah besar akan dilakukan. Kampus ini punya visi yang besar, saya bersama tim berkomitmen untuk membuat semua prodi akan memiliki akreditasi internasional, memiliki kelas internasional, dan dual degree program," kata Rektor IT Telkom Agus Achmad Suhendra.

IT Telkom Jakarta hadir dengan 4 program studi yang tergabung dalam Fakultas Teknik. Keempat Program Studi tersebut yaitu Program Studi D3 Teknik Telekomunikasi, Program Studi Sarjana Teknik Telekomunikasi, Program Studi Sarjana Sistem Informasi dan Program Studi Sarjana Teknologi Informasi.

"Saat masih berstatus Akademi, Akatel sudah mencatat prestasi membanggakan seperti penghargaan 100 Perguruan Tinggi Vokasi Terbaik Indonesia Tahun 2019 dari Kemdikbudristek, dan peringkat ke-71 Indonesia pada UI Green Metric World University Ranking 2019. Ini tantangan untuk saya agar bisa meningkatkan peringkat IT Telkom Jakarta melompat lebih tinggi lagi," ujar Agus.

IT Telkom Jakarta didukung sarana dan prasarana yang lengkap. Dosen dengan kualifikasi dan kompetensi tinggi siap memberikan pendidikan hardskill dan softskill dalam mendukung kurikulum Merdeka Belajar – Kampus Merdeka.

Sebagaimana Telkom Campus lainnya, IT Telkom Jakarta juga telah memiliki berbagai jejaring kerja sama, baik nasional maupun internasional, di berbagai perguruan tinggi, mitra dari kalangan dunia usaha dan industri, serta pemerintahan.

"Untuk merespon kebutuhan industri maka lulusan berkualitas dan inovasi teknologi adalah kunci utama di era revolusi industri 4.0 dan Society 5.0. Saya sangat terbuka kepada siapapun yang ingin berkolaborasi baik itu dalam penelitian, publikasi atau pengabdian kepada masyarakat. Apalagi jika kolaborasi pada level nasional dan internasional, maka saya akan sangat bersemangat," demikian Agus.

Baca juga: Telkom - Gojek gagas program Muda Maju bersama 1.000 Startup

Baca juga: Telkom Corporate University genjot pertumbuhan startup di Indonesia bagian timur

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021