Bandung, 1/2 (ANTARA) - Lanang Setiawan, yang sejak 1984 memajukan bahasa Jawa dialek Tegal dengan menerjemahkan karya sastera ke bahasa itu, mendapat hadiah Rancage 2011, penghargaan bagi karya sastera dalam bahasa ibu dan para pelakunya.

Hadiah yang akan diserahkan pada April itu, menurut surat elektronik yang diterima ANTARA, di Bandung, Selasa, merupakan yang ke-23 buat sastera Sunda, yang ke-18 kali buat sastera Jawa, dan ke-15 kali untuk sastera Bali.

Untuk sastera Lampung pada 2011 tidak ada hadiah, karena pada tahun sebelumnya tidak ada buku yang terbit dalam bahasa Lampung.

Lanang Setiawan menerjemahkan sajak Rendra "Nyanyian Angsa" menjadi "Tembangan Banyak". Lanang juga menerjemahkan sajak-sajak Chairil Anwar, diantaranya "Karawang Bekasi".

Terjemahannya dalam bahasa Jawa dialek Tegal itu sering dibacakan di panggung di berbagai daerah.
Menurut siaran yang ditandatangani Ketua Dewan Pembina Yayasan Kebudayaan Rancage Ajip Rosidi itu, penyerahan akan dilakukan di Universitas Islam Negeri (UIN) Gunung Jati Bandung.

Disebutkan juga, karya sastera Sunda terbitan tahun 2010 yang pantas mendapat Hadiah Sastera Rancage 2011 adalah "Halis Pasir", kumpulan cerita pendek karya Us Tiarsa, terbitan Kiblat Buku Utama, Bandung.

Sedangkan yang terpilih untuk menerima Hadiah Sastera Rancage 2011 buat jasa berdasarkan kreativitasnya yang panjang serta telah memperkaya sastera Sunda adalah H Usep Romli HM.

Hadiah Sastera Rancage 2011 sastera Jawa buat karya ialah "Pulo Asu", kumpulan cerita karya HErwanto, terbitan Pamarsudi Sastra Jawa Bojonegoro.

Hadiah Sastera Rancage 2011 buat sastera Bali untuk karya, dihaturkan kepada "Sang Lelana", kumpulan sajak IDK Raka Kusuma, Terbitan Sanggar Buratwangi.

IDK Raka Kusuma pernah mendapat Hadiah Sastera Rancage sastera Bali untuk jasa (2002).

Sedangkan yang akan memperoleh Hadiah Sastera Rancage 2011 buat jasa dalam memelihara dan mengembangkan bahasa dan sastera Bali adalah "Bali Orti", sisipan bahasa Bali sk. Bali Post Minggu.

Sementara itu, Hadiah Samsudi 2011, khusus untuk bacaan anak-anak dalam bahasa Sunda, akan diberikan kepada pengarang buku "Rasiah Kodeu Biner", yaitu Dadan Sutisna. Buku itu terbitan Kiblat Buku Utama, Bandung.

Setiap pemenang mendapat piagam dan uang Rp5 juta.

Sapto HP

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2011