Pelantikan kepala desa di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, hasil pemilihan pada 2 Juni 2021 akan dilantik secara daring pada Senin (16/8), sebagai upaya untuk meminimalkan kerumunan dan penyebaran COVID-19.

"Sesuai dengan rencana, kepala desa terpilih akan dilantik pada Senin tanggal 16 Agustus 2021 pukul 13.00 WIB yang akan dilakukan secara virtual atau daring," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Desa Sugeng Heryanto di Indramayu, Sabtu.

Ia mengatakan setelah mendapat izin dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), sesuai dengan rencana akan dilakukan secara virtual, di mana nantinya kepala desa terpilih akan berada di masing-masing kecamatan.

Menurutnya pada saat pelantikan nanti, enam kepala desa terpilih yang mewakili enam eks kawedanaan ini akan berada di pendopo untuk dilantik dan diambil sumpahnya secara langsung oleh Bupati Indramayu.

Kemudian kepala desa terpilih lainnya akan dilantik di kecamatan dan mengikuti acara pelantikan dari pendopo secara daring.

"Ini baru pertama kali terjadi dalam sejarah pelantikan kepala daerah dilakukan secara virtual," tuturnya.

Sugeng menambahkan dalam pelantikan secara virtual itu, para kepala desa terpilih hanya datang sendirian, tidak boleh membawa pendukungnya, bahkan tidak boleh membawa pasangannya.

"Kepala desa terpilih yang akan dilantik dilarang membawa pendukungnya, karena dapat menimbulkan kerumunan," ujarnya.

Asisten Pemerintahan Jajang Sudrajat mengatakan, selain karena petunjuk dari Kemendagri, dilakukannya pelantikan kepala desa secara virtual, juga sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19.

Jajang mengatakan, saat ini PPKM di Kabupaten Indramayu berada di level 3, untuk itu ketika sampai di desa setelah pelantikan, para kepala desa tidak boleh melakukan perayaan atas pelantikannya yang dikhawatirkan dapat menimbulkan kerumunan.

"Kita taat pada protokol kesehatan, setelah dilantik kepala desa yang melakukan perayaan dan dapat menimbulkan kerumunan, langsung kita tegur," katanya.

Baca juga: Pemkab Indramayu perbolehkan sekolah adakan pembelajaran tatap muka

Baca juga: Tempat wisata di Indramayu belum diizinkan dibuka
 

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021