Satgas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Jabar bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jabar dan Dunia Usaha meluncurkan Sentra Vaksinasi Silih Tulung untuk mengakselerasi pemulihan ekonomi di Jawa Barat.

"Sentra Vaksinasi Silih Tulung ini digelar di empat wilayah," kata Ketua Harian Satgas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Jabar Ipong Witono, di Karawang, Senin.

Selain digelar di Karawang, kegiatan tersebut juga akan digelar di Kabupaten Subang, Kota Depok, dan Kabupaten Sukabumi.

Ia mengatakan, empat daerah tersebut dipilih menjadi lokasi kegiatan, karena empat daerah itu merupakan salah satu pusat pertumbuhan ekonomi Jabar.

Menurut dia, Sentra Vaksinasi tersebut digelar untuk mengakselerasi pemulihan ekonomi di wilayah Jawa Barat.

Untuk tahap pertama Sentra Vaksinasi Silih Tulungan digelar Karawang pada 9 Agustus 2021.

Kegiatan yang digelar di Karawang sendiri dimotori oleh APINDO Jabar, Kadin Jabar dan Hipmi Jabar, didukung BPJS Ketenagakerjaan, Pemprov Jawa Barat, Satgas Penanggulangan Covid 19 Jawa Barat, Kodam III Siliwangi dan Pemkab Karawang.

Ia mengatakan, sentra vaksinasi itu merupakan upaya proteksi di kawasan pertumbuhan ekonomi untuk meminimalisasi dampak sosial dan ekonomi dari pandemi COVID-19.

Target sasaran sentra vaksinasi mencapai 30.000 penerima vaksin yang berkisar 2.000 dosis per hari, dan berlangsung selama satu bulan,.

Tidak hanya pekerja di kawasan industri, sentra vaksin melayani pelaku UMKM dan sektor-sektor informal, seperti pedagang pasar, nelayan, para petani dan pesantren.

Dari 30.000 dosis tersebut, 40 persen diperuntukan bagi pekerja, pelaku UMKM di sekitar kawasan industri, nelayan, dan petani. Sedangkan 60 persen lainnya diperuntukkan bagi masyarakat sekitar kawasan pertumbuhan ekonomi tersebut. 

Baca juga: Karawang jadi tempat pertama pelaksanaan Sentra Vaksinasi Silih Tulungan

Baca juga: Bupati Karawang ingin Mal Pelayanan Publik juga jadi pusat ekonomi baru

Baca juga: DPRD Karawang berharap pengelola minimarket berdayakan UMKM

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021