Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) Badan Koordinasi Daerah (Bakorda) Bandung menggelar serbuan vaksinasi COVID-19 untuk masyarakat dengan target 4.000 orang guna mempercepat vaksinasi di Pangkalan Udara (Lanud) Husein Sastranegara, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin.

Kepala Dinas Penerangan AU Marsma TNI Indan Gilang mengatakan, kegiatan itu juga digelar dalam rangka peringatan Ke-74 Hari Bakti TNI AU. Menurutnya serbuan vaksinasi itu digelar selama dua hari hingga Selasa (27/7).

"Jadi targetnya adalah memvaksinasi 4.000 warga, dibagi ke dalam dua hari, hari pertama 2.000 orang, hari ke dua juga 2.000 orang," kata Indan.

Pelaksanaan vaksinasi itu pun dikunjungi oleh Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo yang menyapa sejumlah warga yang sedang dalam antrean vaksinasi.

Menurut Indan, TNI AU Bakorda Bandung itu mengerahkan 10 tim vaksinator gabungan dari satuan kesehatan TNI AU yang ada di wilayah Bandung. Sehingga ia berharap vaksinasi itu dapat mempercepat timbulnya kekebalan kelompok.

Sejauh ini, kata dia, sudah ada sekitar 220 ribu orang yang mengikuti vaksinasi yang digelar oleh TNI AU. Dari jumlah tersebut, 153 ribu orang di antaranya adalah masyarakat umum yang berada di sekitar Lanud TNI AU.

"Jadi vaksinasi utamanya untuk masyarakat di sekitar Lanud, kita ingin mencapai Herd Immunity khususnya untuk Angkatan Udara," kata dia.

Selain melakukan vaksinasi, TNI AU juga membagikan 4.000 paket sembako kepada masyarakat di sekitar Lanud Husein sebagai upaya penanganan ekonomi masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19.

Baca juga: Di Gajahmekar Bandung, Mentan sebut proses tanam-panen padi berlangsung di beberapa daerah

Baca juga: Ribuan pelajar ikuti Vaksinasi COVID-19 yang digelar di Itenas Bandung

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021