Tasikmalaya, 24/12 (ANTARA) - Sebanyak 481 polisi dari berbagai kesatuan akan menjaga keamanan 17 gereja di wilayah hukum Polresta Tasikmalaya, Jawa Barat, Jumat, ketika umat Kristen merayakan Hari Raya Natal.

Kabag Operasi Polresta Tasikmalaya Kompol Yono Kusyono, di Tasikmalaya, Jumat, mengatakan, personel yang disiagakan itu disebar untuk menjaga setiap gereja yang menjadi tempat berkumpulnya jemaah Kristen.

"Personel sudah disiagakan, disebar, bukan hanya di gereja tapi melakukan patroli juga, dan semua polsek dikerahkan," kata Yono.

Menurut Yono, kepolisian melakukan pengamanan sebagai antisipasi agar tidak ada sesuatu yang membahayakan yang bisa menghambat perayaan Natal di gereja.

"Dilakukan penyisiran dulu di setiap gereja sebelum perayaan malam Natal," katanya.

Selain pengamanan tempat ibadah umat Kristen dalam rangkaian perayaan hari Natal, kata Yono, tempat hiburan dan keramaian masyarakat tetap diprioritaskan dalam pengamanannya.

Pengamanan hari Natal itu, kata Yono serangkaian dengan pengamanan malam pergantian tahun, yang biasanya diramaikan orang yang berkumpul di setiap sudut kota.

"Saya harap tahun baru nanti masyarakat jangan terlalu hura-hura. Kita jaga kondisi keamanan tetap baik," kata Yono.

Sementara itu di wilayah hukum Tasikmalaya bagian selatan dan barat, penjagaan perayaan Natal dipusatkan di tiga gereja di Kecamatan Cipatujah.

"Kita sudah kerahkan anggota dalam pengamanan hari Natal. Di wilayah Cipatujah ada tiga gereja," kata Kabag Operasi Polres Kabupaten Tasikmalaya Kompol Samsa.***1***

Feri P

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2010