PT Pertamina (Persero) melalui Pemasaran Regional Jawa Bagian Barat, membekali warga Desa Balongan, Kabupaten Indramayu, terkait mitigasi atau pencegahan dan penanggulangan bencana nonalam seperti kebakaran dan lainnya.

"Kita bekali warga bagaimana menanggulangi kebakaran, di sekala rumah tangga," kata Pjs Unit Manajer Communication, Relations & CSR Pemasaran Regional Jawa Bagian Barat Fahrougi Andriani Sumampouw melalui pesan tertulis yang diterima di Cirebon, Kamis.

Ia mengatakan pelatihan pencegahan dan penanggulangan bencana non alam yang diselenggarakan di Desa Balongan, Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu, itu sebagai upaya membangun budaya keamanan dan keselamatan bersama dengan masyarakat sekitar.

Selain itu kegiatan pembekalan tersebut merupakan salah satu bentuk tanggung jawab sosial perusahaan yang bersinergi dengan masyarakat sekitar Ring I Integrated Terminal Balongan dalam upaya membangun budaya keselamatan, keamanan, dan kesehatan lingkungan.

"Kegiatan pembekalan dihadiri oleh 30 orang perwakilan warga dari 17 RT yang berada di daerah ring satu," tuturnya.

Ia menambahkan 30 warga yang mengikuti pelatihan itu diberithi mengenai cara menangani dan menanggulangi kebakaran di skala rumah tangga, cara menyelamatkan diri ketika terjadi peristiwa kebakaran.

Tidak hanya itu kata Fahrougi, pihaknya juga mendampingi warga praktik langsung memadamkan api menggunakan selimut api serta alat pemadam api ringan (APAR).

"Melalui pembekalan ini, kami menggerakkan semangat berbagi pengetahuan, gotong royong dan melibatkan warga untuk bersama-sama mencegah dan meminimalisir terjadinya peristiwa kebakaran. Jika sewaktu-waktu terjadi kebakaran di skala rumah tangga, maka warga sudah memiliki pengetahuan menyelamatkan diri dan diharapkan dapat ditanggulangi lebih cepat," katanya.

Sementara Kepala Desa Balongan Radi yang turut hadir pada kegiatan pembekalan hari ini mengapresiasi upaya Pertamina dalam membangun pentingnya budaya keamanan di Desa Balongan.

"Kami ucapkan terima kasih kepada Pertamina atas terselenggaranya kegiatan ini. Semoga dapat menumbuhkan budaya keselamatan dan meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam memitigasi bahaya kebakaran," ujarnya.

Baca juga: Sinergi Pertamina-warga Balongan, bangun budaya keselamatan lewat pembekalan mitigasi bencana

Baca juga: Pertamina perbaiki 3.074 rumah warga Inddamayu yang terdampak kebakaran Kilang Balongan

Baca juga: Pertamina bayar ganti rugi rumah warga di Balongan

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021