Sumber, 22/10 (ANTARA) - Sebanyak 33 pesepeda yang tergabung dalam tim Kirab Sepeda Nasional Golkar rute Surabaya-Jakarta, Kamis (21/10) sore tiba di Cirebon dan kembali melanjutkan perjalanan Jumat pagi tadi.

Tim kirab dilepas langsung oleh Ketua DPD Golkar Kabupaten Cirebon Ason Sukasa dan didampingi Ketua DPP Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Dave Akbarshah F Laksono sekitar pukul 08.00 WIB dari Markas DPD Golkar Kabupaten Cirebon di Jalan Watu Belah, Sumber.

Menurut Dave, kegiatan Kirab Sepeda Nasional Golkar yang digelar dalam rangka memperingati hari jadi Partai Golkar ke-64 bertujuan untuk mengembalikan budaya bersepeda kepada masyarakat.

"Saat ini jumlah kendaraan bermotor sudah terlalu padat sehingga meningkatkan jumlah polusi udara. Kami mengajak masyarakat untuk kembali bersepeda untuk mengurangi tingkat polusi udara di dunia," kata Dave.

Dikatakan Dave, perjalanan tim kirab sepeda Golkar diawali dari Surabaya pada tanggal 16 Oktober lalu dan rencananya akan tiba di Jakarta pada tanggal 24 Oktober.

Rute yang ditempuh yaitu Surabaya, Tuban, Semarang, Pati, Brebes, Cirebon, Pamanukan, Bekasi dan "finish" di Jakarta.

Menurut Dave, jumlah peserta Kirab Sepeda Nasional Golkar sebanyak 33 orang ini merefleksikan jumlah provinsi di Indonesia. Bahkan pesertanya pun sebagian berasal dari beberapa provinsi yang berbeda.

Sementara itu Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Cirebon Ason Sukasa mengatakan, dalam rangka peringatan HUT Golkar yang jatuh pada tanggal 20 Oktober lalu pihaknya menggelar sejumlah kegiatan sosial diantaranya ziarah ke taman makam pahlawan, tasyakuran dan donor darah.

"Kami targetkan jumlah peserta donor darah tahun ini akan lebih banyak. Kami instruksikan setiap DPC mengirimkan tiga kadernya sehingga ditargetkan 120 labu darah donor bisa terkumpul," kata Ason.***4***

M Taufik

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2010