Bupati Purwakarta, Jawa Barat, Anne Ratna Mustika memberikan perhatian khusus dalam setiap kebijakan dan pelayanan kepada warga lanjut usia (lansia).

"Ini harus menjadi perhatian kita semua. Saya selaku bupati memberikan perhatian khusus terkait dengan pelayanan terhadap lansia," kata Bupati di sela peringatan Hari Lanjut Usia Nasional di Purwakarta, Sabtu.

Menurut dia, kebijakan yang berhubungan dengan pelayanan para lansia sekarang ini di antaranya ialah melaksanakan vaksinasi serentak di 20 puskesmas di Purwakarta.

"Mudah-mudahan secara maksimal kuota akan terpenuhi. Jadi setiap satu puskesmas 100 orang lansia bisa dilakukan pelayanan vaksinasi. Jadi akan ada 2 ribu lansia di Purwakarta yang akan menerima vaksinasi COVID-19," kata dia.

Berdasarkan data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Purwakarta, lansia yang tersebar di 17 kecamatan di Purwakarta mencapai 35 ribu orang.

Sedangkan berdasarkan data Badan Pusat Statistik tahun 2020, warga Purwakarta yang lanjut usia atau berumur 69 tahun ke atas mencapai 1,62 persen.

Hal lain, kata bupati, Pemkab Purwakarta akan mencanangkan Posyandu lansia atau Poswindu. Dalam waktu dekat pihaknya akan meluncurkan 40 titik kegiatan kelompok lansia.

"Kami juga akan mendorong gerakan kasih sayang kepada orang tua kita, para lansia. Sehingga kita semua dapat memberikan mereka kasih sayang supaya mereka tetap sehat dan bisa produktif," katanya. 

Baca juga: Pemkab Purwakarta mulai lakukan vaksinasi untuk lansia

Baca juga: Bupati Purwakarta ungkap penyerapan APBD sudah 20,20 persen

Baca juga: Purwakarta lacak cepat antisipasi kasus positif COVID-19 setelah Lebaran

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021