Bupati Garut Rudy Gunawan menyatakan seluruh aparatur sipil negara (ASN) Pemkab Garut, Jawa Barat, kembali bekerja seperti biasa memberikan pelayanan kepada masyarakat di hari pertama masuk kerja setelah libur Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah.

"Semua lanjut kerja biasa, lanjut kerja," kata Rudy Gunawan kepada wartawan di Garut, Senin.

Ia menuturkan ASN Pemkab Garut sesuai aturan yang berlaku sudah kembali bekerja melayani masyarakat seperti hari biasanya mulai 17 Mei 2021.

Hari pertama masuk kerja itu, kata dia, dilaporkan tidak ada yang bolos kerja, dan sebagian pejabat strukturalnya mengikuti upacara rutin di lapangan Sekretariat Daerah Pemkab Garut.

"Laporan sementara semua masuk, yang ikut upacara pejabat semua," katanya.

Bupati menyampaikan meskipun dilaporkan semuanya masuk kerja setelah libur Idul Fitri, pihaknya melalui jajaran Satpol PP, Badan Kepegawaian Daerah, dan Inspektorat akan melakukan pemeriksaan ke setiap kantor pemerintahan.

"Akan dilakukan pemeriksaan oleh Inspektorat, Satpol PP dan BKD," kata Bupati.

Kepala Bidang Penilaian Kinerja Aparatur dan Penghargaan (PKAP) Badan Kepegawaian dan Diklat Kabupaten Garut Galih Yudhapraja menambahkan berdasarkan sistem absensi daring semua ASN yang masuk kerja mencapai 95 persen.

"Berdasarkan data Sistem Informasi Absensi Online persentase kehadiran di kisaran sebesar 95 persen, itu pun di luar pejabat pengawas, kepala sekolah, guru, dan pegawai puskesmas," katanya.

Hari pertama kerja setelah libur Idul Fitri, Bupati Garut melaksanakan upacara untuk menyampaikan arahan kepada ASN dan juga mengingatkan untuk selalu menerapkan protokol kesehatan pencegahan wabah COVID-19.

Usai upacara, Bupati Garut dan Wakil Bupati Garut Helmi Budiman saling memaafkan dan mengucapkan selamat Idul Fitri dengan ASN yang hadir dalam upacara tersebut.

"Tentu selaku Bupati Garut saya juga banyak salah, saya banyak salahnya itu adalah ke rakyat Garut karena kita punya kewajiban untuk melayani seluruh masyarakat Garut," katanya.

Baca juga: Pemkab Garut ubah upacara ASN jadi tausyiah selama Ramadhan

Baca juga: Bupati Garut izinkan ASN mudik lokal saat Lebaran

Baca juga: ASN Garut terjerat narkoba terancam pemecatan

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021