Jumlah penumpang kereta api yang berangkat di wilayah Daerah Operasi (Daop) 2 PT KAI diprediksi bakal meningkat sehari menjelang adanya larangan mudik Lebaran 2021.

Humas PT KAI Daop 2 Kuswardoyo mengatakan pada Rabu (5/5) jumlah penumpang diprediksi akan lebih meningkat dibandingkan hari-hari sebelumnya pada awal Mei 2021 ini di sejumlah stasiun seperti Stasiun Bandung dan Stasiun Kiaracondong.

"Besok (Rabu) mungkin akan ada peningkatan dibandingkan hari sebelumnya di bulan Mei ini, kami perkirakan akan mencapai di atas 2.500 pengguna jasa," kata Kuswardoyo di Bandung, Jawa Barat, Selasa.

Namun berdasarkan catatannya, jumlah penumpang yang berangkat dari stasiun di Daop 2 sejak sepekan terakhir nampak fluktuatif. 

Adapun jumlah penumpang berangkat yang paling tinggi sepekan terakhir terjadi pada Jumat (30/4) lalu. Saat itu ada 2.788 penumpang yang berangkat menggunakan kereta dengan berbagai tujuan.

Namun dalam sepekan terakhir ini, jumlah penumpang tak lebih banyak daripada awal April 2021. Dari catatannya pada pekan pertama April 2021, jumlah penumpang setiap harinya sekitar 1.600 hingga 3.200 orang.

"Pada awal bulan Mei juga jumlah penumpang masih jauh dari ketersediaan tempat duduk yang mencapai 3.300 hingga 3.700 per harinya," kata dia.

Meski diprediksi ada peningkatan, namun situasi di Stasiun Bandung dan Stasiun Kiaracondong nampak tidak terlalu padat oleh calon penumpang pada Selasa siang ini.

Sedikit kepadatan hanya terjadi saat para calon penumpang itu menjalani tes GeNose C19 sebagai syarat untuk berpergian menggunakan kereta api. 

Namun antrean para calon penumpang itu hanya terjadi pada tempat pengetesan GeNose C19. Sedangkan di lokasi menuju peron kereta nampak jarang terjadi antrean.

Adapun Kuswardoyo memastikan, meski belum terlalu ramai penumpang kereta, PT KAI tetap menerapkan protokol kesehatan COVID-19 dengan ketat bagi seluruh orang di kawasan stasiun.

"Penerapan protokol kesehatan tetap menjadi syarat wajib dalam bertransportasi menggunakan kereta api," kata Kuswardoyo.

Baca juga: KAI : Belum ada lonjakan penumpang kereta di Bandung

Baca juga: KAI Cirebon pastikan pada 6 -17 Mei kereta reguler tidak beroperasi

 

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021