Indramayu, 24/8 (ANTARA) - Kepolisian Resor Indramayu, Jawa Barat, terus meningkatkan keamanan bank dan toko emas untuk mencegah aksi perampokan bersenjata api yang belakangan ini marak terjadi menjelang hari Lebaran.

"operasional keamanan khusus bank dan toko emas yang berada di
Indramayu terus kita tingkatkan guna mengantisipasi aksi perampokan kelompok bersenjata api," kata Kapolres Indramayu AKBP Nasri Wiharto kepada waratwan di Indramayu, Selasa.

Dikatakannya, meski saat ini pihaknya sedang pengamankan Pilkada, namun hal penting lebih utama mengenai keamanan secara menyeluruh perlu kita tingkatkan, kewaspadaan harus terus tetap diupayakan untuk mencegah hal-hal buruk terjadi.

Ia mengatakan, semua masyarakat Indramayu diharapkan selalu
waspada dengan terus memberikan informasi kepada pihaknya jika melihat gerak-gerik kelompok orang yang cukup mencurigakan.

Dia menegaskan, semua anggota kepolisian harus sigap menerima laporan dari masyarakat, selain itu nomor telepon penting polisi seperti Kapolsek juga Kapolres disebar supaya warga mengetahui kemana mereka memberikan informasi tersebut.

"Kami mengimbau pemilik toko emas dan pimpinan bank lebih waspada dalam mencegah aksi perampokan yang semakin marak terjadi dibeberapa kota, kerja sama yang harmonis dapat menigkatkan terciptanya keamanan dan kenyamanan," katanya.

Sementara itu Sunarto salah seorang warga Indramayu menuturkan, perampokan bersenjata api saat ini terus terjadi dibeberapa kota, dirinya berharap Indramayu aman dari peristiwa perampokan tersebut.

Dikatakannya, pihak yang terus memantau keamanan di Indramayu bukan hanya kepolisian, tapi semua warga saling bekerja sama melakukan pencegahan terhadap tindak kejahatan. Komunikasi antara polisi dengan warga harus terjalin dinamis.

"Polisi yang bertugas di Indramayu jumlahnya terbatas untuk mengamankan daerah yang luas, selain itu tugas mereka saat ini cukup padat seperti mengamankan pemilihan kelapa daerah, menghadapi arus mudik lebaran yang hanya tinggal beberapa hari lagi, jadi kita sebagai warga harus membantu mereka," ungkapnya.

Dia menambahkan, meski saat ini kondisi keamanan di Indramayu pascapemilihan kepala daerah cukup aman dan terkendali, tidak tertutup kemungkinan bahaya kejahatan terjadi, sehingga kita perlu mengantisipasinya sebelum terjadi aksi kejahatan tersebut.***1***

Enjang S

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2010