Universitas Indonesia mengukuhkan Prof. Ir. Warjito, M.Sc., Ph.D sebagai Guru Besar dari Fakultas Teknik UI yang dilakukan secara virtual.

Prof. Warjito yang dikenal sebagai pakar dalam bidang mekanika fluida, menyampaikan pidato pengukuhannya yang berjudul “Dinamika Bubble dan Aplikasinya Pada Engineering”, kata Kepala Biro Humas dan KIP UI Amelita Lusia dalam keterangannya, Senin

Pengukuhan yang dilakukan secara virtual tersebut antara lain dihadiri oleh Dr. Imam Aprianto Putro (Komisaris Utama PT PUSRI), Prof. Dr.-Ing. Ir. Priyono Soetikno, DEA (Guru Besar Institut Teknologi Bandung), Prof. Ir. Sutardi M.Eng., Ph.D (Guru Besar Institut Teknologi Sepuluh Nopember), para dekan/direktur dari 17 Fakultas/Sekolah/Program Pendidikan Vokasi di UI, serta 305 guru besar UI yang hadir.

Rektor Universitas Indonesia (UI) Prof. Ari Kuncoro, S.E., M.A., Ph.D memimpin Sidang Terbuka Upacara Pengukuhan Guru Besar (GB) UI.


Prof. Warjito studi jenjang sarjana program studi teknik mesin di FTUI, lalu melanjutkan studi magister dan doktor di Hokkaido University, Jepang. Selama tiga tahun terakhir, ia telah menghasilkan 21 karya ilmiah yang berhasil dipublikasikan di berbagai jurnal nasional dan internasional. Selama periode 2017-2020, sebanyak 25 prosiding terindeks Scopus telah dihasilkannya.

Ia memaparkan bahwa bubble menjadi tema penelitian yang sangat aktif di dunia. Aplikasi bubble banyak pada berbagai bidang dan hampir semua cabang engineering dari teknik sipil, kapal, material, mesin, nuklir, kelautan dan biologi laut, mineral, kimia, dan sebagainya, termasuk bidang medis. Banyak hal tentang dinamika bubble telah dipahami.

Kendati begitu, bubble semakin menantang untuk dipelajari, terutama pada dinamika dan aplikasi bubble ukuran sangat kecil: micro bubble dan nano bubble, sonoluminescence dan sonochemistry.

Guru besar FTUI ini aktif dalam bidang industri, salah satunya terlibat dalam Damage Assessment PLTU Palu bekerja sama dengan Departemen Teknik Sipil dan Teknik Melatulurgi pada tahun 2018.

Baca juga: Universitas Indonesia kukuhkan delapan guru besar

Baca juga: Universitas Indonesia kukuhkan delapan guru besar Fakultas Kedokteran

Baca juga: Guru Besar UI: Pentingnya deteksi dini masyarakat tangkal radikalisme dan terorisme

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021