Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono menyatakan peringatan hari air sedunia mempunyai pesan untuk dapat menggunakan air secara bijak untuk pemerintah kota mencanangkan pembuatan 100.000 lubang biopori.

"Kita harus bijak menggunakan air, jangan sesukanya menggunakan air. Saya mengajak masyarakat untuk terus peduli tentang air. Jaga dan lestarikan, manfaatnya kelak untuk masa depan nanti," kata Imam Budi Hartono di Depok, Senin.

Dikatakannya guna menjaga ketersediaan dan kualitas air mengajak warga Depok bisa membuat lubang biopori. Langkah ini merupakan salah satu upaya mengembalikan air ke dasar tanah.

"Kami juga mengajak seluruh masyarakat membuat lubang biopori di rumah masing-masing sebagai fungsi resapan air. Mudah-mudahan dalam waktu dua bulan ke depan, seluruh biopori di Kota Depok bisa difungsikan," harapnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Sahabat Ciliwung, Hidayat Al Ramdani mengatakan pihaknya siap mendukung program tersebut. Sebagai langkah awal, pihaknya membuat sebanyak 200 lubang biopori.

"Seluruh komunitas dan penggiat lingkungan di Ciliwung, kami ajak membuat lubang biopori serta aksi bersih Ciliwung. Jadi, kita mengarungi sambil mengedukasi. Ini merupakan suatu proses bagaimana kita menghargai keberadaan air," katanya.

Baca juga: Wali Kota Depok targetkan buat 100 ribu lubang biopori

Baca juga: Bekasi gencar buat lubang biopori hadapi musim hujan

Baca juga: Atlet Jabar Gerakan Bikin Biopori

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021