Antarajawabarat.com, 23/8 - Para atlet Pelatda PON XIX/2016 Jawa Barat mengikuti bakti sosial membuat lubang biopori di kawasan Pajajaran Sport Center Kota Bandung, Sabtu.

"Hari ini sebanyak seratus lubang biopori dibuat di sekitar Pajajaran Sport Center, fungsinya untuk menangkap air hujan di kawasan ini," kata Plt Ketua KONI Jawa Barat Ahmad Saefudin di Bandung.

Sedikitnya seratusan atlet Pelatda Jabar yang tinggal di asrama atlet KONI Jabar dilibatkan dalam kegiatan lingkungan tersebut. Masing-masing diperkenalkan cara membuat lubang bipori.

Menurut Ahmad Saefudin, kegiatan itu merupakan bentuk dukungan para atlet Jabar terhadap program sejuta biopori yang dicanangkan Kota Bandung.

"Kegiatan ini juga sebagai edukasi kepada atlet, selain berlatih dan berlatih, namun juga harus peduli lingkungan. Hari ini mereka diperkenalkan cara pembuatan biopori," katanya.

Kegiatan penyelamatan lingkungan hidup itu merupakan bagian dari peringatan HUT ke-69 RI yang dilakukan oleh para atlet.

"Kawasan Pajajaran Sport Center kan merupakan kawasan hijau di Kota Bandung, dan tentunya juga daerah tangkapan air hujan. Hari ini ada seratus biopori yang kita bikin," kata Ketua Panitia Kegiatan, Asep Hanafiah.

Ia menyebutkan, kegiatan lingkungan di kalangan atlet itu sangat perlu, sehingga ada kedisiplinan dan kepedulian terhadap lingkungan di sekitarnya.

"Atlet harus mampu juara di bidang olahraga namun juga menjadi juara bagi lingkungannya," kata Asep Hanafiah menambahkan.***3***

Pewarta:

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2014