Bogor, 4/5 (ANTARA) - Bogor layak dijadikan kota tujuan wisata, bukan hanya tempat pariwisatanya yang indah, namun beragam jenis makanan pun juga tersedia, bahkan Burger ukuran "gede" turut menambah deretan makanan khas kota hujan.

Burger "gede" memang ukurannya gede atau besar, berdiameter 12 cm dengan tinggi yang sama menjadikan burger "gede" incaran para penikmat masakan cepat saji (fastfood).

Tidak hanya berukuran besar, Burger "gede" juga sehat higienis dan mengenyangkan.

E. Fatmawati sebagai pencipta burger "gede" menuturkan inovasi burger "gede" berawal dari saran putrinya yang bersekolah di Australia.

Putrinya meminta sang ibu untuk membuat makanan cepat saji tidak asal jadi, tapi harus sehat, fresh, higienis, bergizi dan tidak mahal.

"Awalnya putri saya yang memberi ide, ternyata untuk menciptakan makanan cepat saji yang sehat, fresh, alami, bergizi itu tidak mahal," ujar wanita yang suka masak sejak duduk dibangku SMP, kepada ANTARA, Rabu.

Wanita berusia 47 tahun ini sudah menjalani bisnisnya selama lima tahun, masih eksis dengan menu andalan burger "gede".

Tidak menjadikan profit sebagai tujuan utama, ia terus menciptakan menu makanan cepat saji yang sehat. Menciptakan burger "gede" sebagai inovasi membedakan produk hasil tangannya dengan warung waralaba dari luar negeri seperti KFC, McD, CFC dan lainnya.

Ibu tiga putri yang akrab disapa bu Fatma ini berprinsip untuk menciptakan masakan cepat saji yang sehat karena identik dengan makanan disajikan dengan bahan-bahan yang tidak segar.

Bertekad menghapus image jelek fastfood, bu Fatma akhirnya mendirikan kedai BURGANNI yang menyediakan menu fastfood dengan menu utama Beef Burger 100 persen daging sapi asli dan sayuran-sayuran segar dengan roti burger yang lembut tanpa bahan pengawet.

BURGANNI merupakan kedai burger pertama di Bogor yang didirikan pada tanggal 17 April 2005. Selain beef burger, pelanggan juga dapat menikmati burger dengan daging ayam maupun tuna yang tidak kalah enaknya.

Bagi pelanggan yang menginginkan burger yang extra besar, tersedia Double Beef Double Cheese, yaitu burger yang disajikan dengan dua daging sapi asli dan dua lembar melted cheese. Sesuai dengan arti nama BURGANNI, ukuran dan rasa burgernya dijamin Gede dan Nikmat.

Selain burger, BURGANNI juga memiliki menu lainnya yang juga sangat digemari pelanggan, seperti Nachos (berbagai tipe kentang yang disajikan dengan olahan daging cincang dan parutan keju), steak (beef patty yang dipanggang dan disajikan dengan sayuran-sayuran segar dan french fries serta saus steak) dan masih banyak lagi.

"Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan kami selalu menambah variasi menu, BURGANNI juga menyediakan burger dengan ukuran mini bagi pelanggan cilik kami, dengan rasa dan kenikmatan yang sama," ujarnya.

Inovasi terus dikembangkan wanita asli Jawa Timur ini, melihat kebutuhan pelanggan yang terkadang menginginkan menu yang disajikan dengan nasi, maka bu Fatma mencoba mengeluarkan menu Nasi Goreng Bakar dan Ayam Presto.

Ia menjelaskan, nasi Goreng Bakar merupakan nasi goreng BURGANNI dengan bumbu-bumbu tradisional yang dibakar dan disajikan dengan beef patty atau ayam suir, scrambled egg dan acar.

Sedangkan Ayam Presto merupakan ayam goreng yang memiliki tulang yang lunak yang disajikan dengan nasi putih dan sambal yang nikmat.

Tidak hanya makanan saja, bu Fatma juga berinovasi pada jenis minuman yang terdiri dari Strawberry Smoothies (paduan yoghurt strawberry dengan buah strawberry asli), Ice Chocolate with Ice Cream (Susu coklat asli yang di blender dan disajikan dengan vanilla ice cream), Mocca Ice (Paduan susu coklat dan kopi yang diblender dan disajikan dengan vanilla ice cream), Hot Chocolate, Ice Lemon Tea, Ice Tea, dan juga juice dengan rasa buah-buahan yang segar juga telah menjadi favorit pelanggan Burganni.

Komitmennya untuk menjual produk makanan cepat saji terbukti dengan makin melebarnya sayap usaha miliknya.

"Alhamdulillah, sampai saat ini, BURGANNI telah memiliki tiga cabang yang tersebar di wilayah Bogor, yaitu di daerah Jalan Bangbarung Raya Bantarjati, Botani Square dan Gadog-Puncak," ujarnya.

Bu Fatma berkeinginan untuk terus membesarkan usaha miliknya, dengan penuh rasa cinta dan keinginan menjadikan makanan cepat saji asli buatan Indonesia ia tidak mengutamakan profit.

Lewat keyakinan dan ketekunan bu Fatma meciptakan makanan cepat saji yang fresh dan gergizi ini, dalam sehari ia menjual kurang lebih 300 peace burger "gede".

Dengan harga yang terjangkau, menu sehat dengan rasa yang nikmat, dan pelayanan yang sangat baik, BURGANNI siap memuaskan terus para pelanggannya.

Bagi pengunjung yang datang ke Bogor, akan sangat rugi bila tidak mencoba burger "gede" buatan tangan ibu asli Indonesia.

Laily R

Pewarta:

Editor : Teguh Handoko


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2010