Karawang, 30/4 (ANTARA) - Dewan Pimpinan Daerah Partai Keadilan Sejahtera Kabupaten Karawang, Jawa Barat, mengincar untuk berkoalisi kepada tiga partai besar pada pemilihan umum kepala daerah Karawang, 14 November 2010.

Tiga partai besar yang diincar DPD PKS Karawang untuk berkoalisi itu ialah Partai Demokrat, Golkar, dan PDIP Karawang.

"Para pengurus PKS sudah membangun komunikasi dengan pengurus tiga partai besar itu sejak jauh-jauh hari, tetapi kami belum bisa memastikan akan berkoalisi ke partai mana pada pilkada nanti," kata Sekretaris Mejelis Pertimbangan Daerah DPD PKS Karawang Budiwanto, kepada ANTARA, di Karawang, Jumat.

Dikatakannya, dengan berkoalisi kepada partai besar diharapkan kader PKS bisa maju dan memperoleh suara terbanyak pada pilkada nanti, baik sebagai calon bupati maupun maju sebagai calon wakil bupati.

Menurut dia, DPD PKS Karawang melalui Tim Optimalisasi Musyarakah (TOM) PKS Karawang sudah menyiapkan kadernya sebagai calon bupati maupun sebagai wakil bupati untuk pilkada nanti.

"Hal itu ditentukan melalui survei yang dilakukan TOM PKS Karawang," katanya.

Diantara nama-nama yang masuk dalam survei tersebut ialah Budiwanto (Wakil Ketua III DPRD Karawang), Dedi Sudrajat (anggota DPRD Karawang), Karmin Amrullah (Ketua DPD PKS Karawang yang juga anggota DPRD Karawang), serta Eka Hardiana (anggota DPRD Jawa Barat).

"PKS sudah melakukan survei secara internal dan eksternal, siapa kira-kira yang pantas dicalonkan bupati dan wakil bupati pada pilkada nanti. Kami belum bisa menyebutkan nama-nama yang akan maju pada Pilkada nanti," kata Budiwanto.

Kemungkinan besar, katanya, sebelum Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karawang memulai tahapan Pilkada, 14 Mei 2010, PKS akan mengumumkan nama-nama sebagai calon bupati maupun sebagai calon wakil bupati.

"Sekarang sudah ada nama-nama itu, tetapi belum diumumkan, tunggu waktu yang tepat," kata Budiwanto.

Ali Khumaini

Pewarta:

Editor : Teguh Handoko


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2010