Kepolisian Resor Garut siagakan petugas gabungan untuk melakukan penyekatan bagi wisatawan luar kota agar tidak memasuki Kabupaten Garut, Jawa Barat, saat malam tahun baru dalam rangka menghindari kerumunan orang yang dikhawatirkan terjadi penularan wabah COVID-19.

"Jadi khusus untuk malam tahun baru ada penyekatan, sudah kita mulai dilakukan dari arah Bandung, Kadungora, kita putar balikkan," kata Kepala Kepolisian Resor Garut AKBP Adi Benny Cahyono kepada wartawan di Garut, Kamis.

Ia menjelaskan penyekatan saat malam tahun akan diberlakukan di kawasan Kadungora sebagai jalan utama memasuki Garut dari arah Bandung.

Mereka yang datang dari Bandung untuk menuju tempat wisata atau bukan warga Garut, kata dia, terpaksa akan diputar balik untuk menghindari keramaian atau kerumunan orang di Garut maupun tempat wisata.

"Kita selektif prioritas, apakah dia masyarakat asli Garut atau bukan, kalau tujuan wisata kita putar balikkan," katanya.

Ia menyampaikan upaya lain mencegah penularan wabah COVID-19 di Garut berdasarkan hasil rapat dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah memberlakukan penutupan tempat wisata milik pemerintah.

Sedangkan objek wisata yang dikelola swasta, kata dia, tetap buka dengan mematuhi protokol kesehatan yaitu membatasi jumlah pengunjung sebesar 50 persen untuk menghindari kerumunan.

"Kawasan wisata atau daerah wisata yang dikelola oleh pemda itu tidak dibuka sampai tanggal 2 (Januari 2021), tapi kalau swasta itu tetap berpedoman pada protokol kesehatan," katanya.

Ia menambahkan selain pengamanan di jalan utama dan perkotaan Garut, sejumlah personel dari Satuan Brimob juga disiagakan di tempat wisata wilayah selatan Garut.

Mereka, lanjut dia, disiagakan untuk menegakan protokol kesehatan sebagai prioritas utama, selain membantu menjaga keamanan, ketertiban dan kenyamanan masyarakat.

"Kita geser ke sana (selatan Garut) dari Satuan Brimob, antisipasi pada COVID-19 sendiri dan Kamtibmas," katanya.

Baca juga: Gubernur Jabar siapkan petugas untuk tes usap wisatawan yang ke Garut

Baca juga: Pemkab Garut persiapkan lima ribu tes cepat antigen jelang tahun baru

Baca juga: Garut tutup alun-alun dan kerkof selama libur akhir tahun

#ingatpesanibu
#satgascovid19
#jagajarak
#pakaimasker
#cucitangan
#hindarikerumunan

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2020