Tasikmalaya, 14/3 (ANTARA) - Para seniman melukis bersama di kawasan "rest area" (tempat istirahat) yang terletak di wilayah strategis, Kelurahan Urug, Kecamatan Kawalu, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, dan mengabadikannya dalam lukisan.

"Sengaja kami libatkan seniman itu untuk mengabadikan keberadaan 'rest area' di Kota Tasikmalaya menjadi sebuah lukisan," kata Kepala Bidang Kebudayaan Disbudpar Kota Tasikmalaya, Enung Sudrajat.

Para seniman dari berbagai daerah dalam dan luar kota tersebut semuanya melukis dengan tema suasana lingkungan "rest area".

Acara yang diselenggarakan oleh Disbudpar Pemerintah Kota Tasikmalaya, kata Enung, sebagai upaya memberikan minat kepada masyarakat agar tertarik pada kawasan "rest area".

"Selain upaya menarik minat agar masyarakat berkunjung, kegiatan melukis ini juga untuk mengabadikan hutan yang dimiliki Kota Tasikmalaya menjadi lukisan yang menarik," katanya.

Lukisan tentang "rest area" tersebut akan dijadikan dokumentasi, selanjutnya akan dipamerkan ketika ada acara besar di wilayah Pemerintah Kota Tasikmalaya.

Ia mencontohkan, lukisan tentang "rest area" karya para seniman, akan selalu dipajang setiap pelaksanaan acara hari ulang tahun Kota Tasikmalaya.

"Insya Allah akan diadakan pameran lukisan ketika perayaan hari jadi kota Tasikmalaya," katanya.

Sementara itu, kegiatan melukis bersama para seniman tersebut dan diikuti para pelajar yang minat dalam melukis, sebagai upaya menyosialisasikan keberadaan "rest area" yang baru diresmikan dua pekan lalu oleh Pemerintah Kota Tasikmalaya.

Enung berharap "rest area" menjadi tempat favorit masyarakat untuk menikmati keindahan dan kesejukan hutan di Kota Tasikmalaya serta menjadi tempat para seniman dalam melaksanakan kegiatan kesenian dan kebudayaan daerah.

"Saya harap semakin banyak minat masyarakat berkunjung ke 'rest area' satu-satunya yang dimiliki Kota Tasikmalaya," kata Enung.

Feri P

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2010