PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 3 Cirebon, Jawa Barat, memberikan sebanyak 1.058 voucer tiket gratis bagi guru dan tenaga kesehatan (nakes) yang akan bepergian menggunakan kereta dalam rangka menyambut Hari Pahlawan.

"Program gratis naik KA ini dihadirkan untuk menghormati dan menghargai guru serta tenaga kesehatan yang merupakan para pahlawan tanpa tanda jasa," kata Vice President Daop 3 Cirebon Wisnu Pramudyo di Cirebon, Jumat.

Wisnu mengatakan Daop 3 Cirebon menyediakan 1.058 voucer tiket kereta gratis bagi guru dan tenaga kesehatan dalam rangka menyambut hari pahlawan.

Menurutnya kenapa program itu dikhususkan bagi guru dan nakes, karena guru adalah sosok utama di garda terdepan pendidikan nasional, mengingat pendidikan adalah wadah pondasi yang sangat penting pencetak generasi bangsa.

Sedangkan para tenaga kesehatan merupakan para pahlawan kemanusiaan terutama masa pandemi COVID-19 saat ini.

"Mereka berada di garis terdepan tidak hanya mengorbankan waktu, pikiran dan tenaga, tetapi juga rela mengorbankan risiko kesehatannya demi keselamatan orang lain," ujar Wisnu.

Untuk yang berhak mendapatkan voucer tersebut adalah guru TK sampai dengan SMA atau sederajat baik honorer maupun tetap dan tenaga kesehatan, namun program ini tidak berlaku untuk dokter, petugas administratif dan tata usaha.

Syarat untuk mendapat voucer bagi guru kata Wisnu yaitu dengan menyerahkan fotokopi identitas sebagai guru berupa Kartu/Surat Keterangan. Adapun untuk tenaga kesehatan, menyerahkan fotokopi Surat Izin Praktik (SIP) yang masih berlaku.

Untuk pembagian voucer di Daop 3 ditentukan pada KA Ranggajati kelas Eksekutif sebanyak 50 voucer dan KA Kaligung Ekonomi sebanyak 1.008 voucer.

"Penukaran voucer kelas eksekutif dan ekonomi bisa dilakukan di Customer Service Stasiun Cirebon," katanya.

Wisnu menambahkan penukaran voucer tiket KA Ranggajati Eksekutif relasi Cirebon-Jember keberangkatan jam 05.35 WIB dibatasi mulai tanggal 7 sampai 11 November 2020.

Dan itu digunakan keberangkatan tanggal 8, 13, 14, 15, 20, 21, 22 ,27, 28, 29 November 2020, karena KA Ranggajati hanya dijalankan pada hari Jumat, Sabtu dan Minggu.

Sedangkan penukaran voucer tiket KA Kaligung dibagi untuk dua keberangkatan, yang pertama relasi Cirebon prujakan-Semarang keberangkatan jam 09.10 WIB dan relasi Brebes-Semarang keberangkatan dari stasiun Brebes jam 04.45 WIB dan 12.15 WIB.

"Penukaran voucer tanggal 11 sampai 29 November 2020 untuk keberangkatan 12 sampai 30 November 2020," tuturnya. 

Baca juga: KAI Cirebon catat 15 penumpang reaktif saat tes cepat COVID-19

Baca juga: Penumpang kereta di Cirebon naik 100 persen lebih selama liburan

Baca juga: KA Argo Cheribon dioperasikan 1 November 2020

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2020