Bandung, 18/12 (ANTARA) - Aliansi Jurnalis Indenpenden (AJI) Kota Bandung menilai pernyataan artis Luna Maya dalam situs jejaring sosial merupakan sebuah kritik yang wajar.

Ketua AJI Kota Bandung, Agus Rakasiwi, di Bandung, Jumat menuturkan yang dilakukan Luna Maya merupakan kritik dan hal tersebut wajar. Namun menurut Agus persoalannya terletak pada pemilihan kata Luna Maya yang membuat dia terjerat UU ITE.

Menurutnya, persoalannya adalah dalam pemilihan kata dari Luna Maya yang membuat dirinya terjerat UU ITE.

"Terlebih dahulu harus melihat apa yang menyebabkan Luna Maya berbuat seperti itu. Yang patut dipertanyakan, apa yang dilakukan infotaiment kepada Luna Maya sehingga dia berbuat seperti itu. hal tersebut harus dikritisi," ungkapnya.

Menurutnya, seharusnya Luna Maya tidak mendapat dampak dari apa yang sebenarnya dia katakan sebagai bentuk kekesalan pada pekerja gosip.

"Lalu sekarang apakah pekerja infotainment menghargai privasi artis di negeri ini juga patut dipertanyakan," ujar Agus.

Disinggung mengenai pengaduan dan pelaporan yang dilakukan oleh wartawan gosip, Agus menuturkan, setiap orang bisa mengadukan ke jalur hukum dan hal itu membuktikan kesadaran hukum di Indonesia cukup tinggi.

"Dalam kasus Luna Maya ini semestinya pekerja infotainment mawas diri pada pekerjaan mereka sendiri, apakah sudah menjaga nama baik selebritis atau artis yang diwawancaranya," tuturnya.

Agus menambahkan, mungkin bagi pekerja infotainment ucapan atau kata-kata Luna Maya menyinggung.

"Tapi bisa saja bagi orang lain itu merupakan hal yang wajar saja atau biasa saja," paparnya.

Sementara itu, pihaknya menilai pengaduan pekerja infotainment kepada artis Luna Maya merupakan salah satu ancaman untuk warga negara Indonesia dalam menyampaikan kebebasan berpendapat.

"Jadi hak kebebasan berekspresi warga negara Indonesia terancam dengan pasal-pasal karet pada semua peraturan perangkat hukum seperti UU ITE atau juga pidananya. Pasal pasal karet ini berusaha membatasi kebebasan berpendapat warga Indonesia," katanya. ***1***

Jaka Permana
(T.PSO-058/B/B013/B013) 18-12-2009 16:43:19

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2009