Bandung, 11/12 (ANTARA) - Fraksi PDIP DPRD Jawa Barat mempertanyakan dan meminta pengkajian ulang rencana pembuatan film kolosal "Perang Bubat" yang akan diproduksi bersama oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Jawa Timur.

Hal itu terungkap dalam Rapat Paripurna DPRD Jabar dengan agenda pembacaan pancangan fraksi terkait RAPBD Jabar 2010 di Bandung, Jumat.

"Bukan berarti menghalangi rencana pembuatan film daerah yang diproduksi bersama Jatim itu, namun perlu ada pengkajian ulang terlebih dahulu dari semua sisi," kata Ketua Fraksi PDIP DPRD Jabar, Agus Weliansyah.

Untuk pembuatan film babad yang rencananya menjadi upaya untuk rekonsiliasi sejarah Jabar dan Jatim itu akan dibiayai oleh APBD kedua provinsi itu.

Pemprov Jabar sendiri mengajukan anggaran sebesar Rp6 miliar pada APBD 2010 untuk pembiayaan produksi film itu. Produksi film daerah yang dikerjasamakan antara dua provinsi itu, rencananya menjadi kerja sama pertama sekaligus untuk menghidupkan dunia layar lebar di Indonesia.

"Rencana itu positif, namun kami minta ada pengkajian ulang baik dari sisi efisiensi dan juga sisi sejarah dan budaya kedua daerah itu. Jangan sampai film tersebut kemudian menjadi permasalahan di kemudian hari," kata Agus.

Pada pandangannya tersebut, Fraksi PDIP meminta agar rencana itu ditunda.

Sementara itu Wagub Jawa Barat, H Dede Yusuf yang juga penggagas produksi film daerah Perang Bubat menyambut masukan dari fraksi PDIP itu.

"Pendapat itu hanya dari satu fraksi, bukan suara seluruh fraksi di DPRD. Yang jelas Pemprov Jatim juga sudah memasukan pada APBD 2010," kata Dede Yusuf.

Menurut Dede, rencana pembuatan film Perang Bubat itu sudah dilakukan secara matang dan dibicarakan dengan pihak Pemprov Jatim yang diwakili oleh Wagub H Syaifullah Yusuf.

Termasuk juga berkonsultasi dengan ahli sejarah dan tokoh-tokoh masyarakat di Jawa Barat. Hal sama juga sudah dilakukan oleh pihak pemerintah di Jawa Timur.

Wagub Jabar dan Jatim itu beberapa kali bertemu untuk membahas rencana pembuatan film yang disebut-sebut akan menjadi salah satu upaya rekonsiliasi sejarah kedua wilayah itu.

Film Perang Bubat rencananya akan mengupas sisi lain dari konflik Kerajaan Pajajaran dengan Majapahit di masa lalu yang dikemas menjadi sebuah misi rekonsiliasi bagi kedua wilayah itu.

***5***

Syarif Abdullah
(U.S033/B/Z003/Z003) 11-12-2009 14:34:58

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2009