Bandung, 7/12 (ANTARA)- Ratusan warga Babakan Cikutra 2 Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung, Jawa Barat, menduduki lapangan Mountain View Golf, Senin, menuntuk perbaikan jalan yang dijanjikan pihak pengembang.

Aksi warga lakukan dari pukul 10.00 WIB dan berencana akan mendirikan tenda di lapangan golf. Warga menuntut PT Bandung Resort untuk memperbaiki akses jalan warga ke kota sepanjang 600 meter dan menagih janji pemilik yang akan mempekerjakan warga.

"Dulu lapangan ini adalah jalan warga menuju kota yang paling dekat, tapi kini dijadikan lapangan golf oleh PT Bandung Resort dan diganti dengan jalan lain yang memutar lebih jauh," kata seorang warga Dahlan Singarimbun kepada wartawan di Bandung, Senin.

Ia mengungkapkan, ketika pengelola mengubah jalan tersebut menjadi lapangan golf mereka berjanji akan membuat akses jalan yang sama bagusnya. Kenyataanya hingga sekarang jalan ini rusak.

Menurutnya, alih fungsi jalan menjadi lapangan golf tersebut terjadi pada 2002, pada saat itu pengelola menyatakan sudah tukar guling dengan pihak Pemprov Jabar. Makanya, warga tidak bisa berbuat apa-apa.

"Tapi sekarang jalan ini selalu rusak dan tidak pernah diperbaiki. Ketika kami meminta diperbaiki, pengelola janji akan perbaiki dengan catatan warga memenuhi kemauan mereka," ujarnya.

Yakni,warga harus menandatangani penyataan yang menyebutkan jalan yang sudah dipakai lapangan golf tersebut milik PT Bandung Resort sepenuhnya, bukan milik warga.

"Ya kami tidak mau, karena jalan kan milik masyarakat. Makanya kami akan terus menduduki lapangan ini hingga tuntutan kami dipenuhi," imbuhnya.

Menurutnya, aksi yang dilakukan warga sekitar tersebut merupakan yang keduakalinya. Pertama dilakukan pada 2006 ketika pembukaan lapangan golf.

Lebih jauh Dahlan mengungkapkan, sebenarnya pihak Kecamatan Cimenyan sudah memfasilitasi warga ketemu dengan pengembang dan melakukan mediasi, namun "deadlock."
Disamping akan mendirikan tenda dilapangan golf, warga juga mengancam akan melakukan aksi lagi pada Selasa (8/12)***3***

Ahmad Sayuti
(U.PSO-060/C/Y003/Y003) 07-12-2009 18:53:42

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2009