Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Cianjur, Jawa Barat, mencatat peningkatan angka kunjungan wisatawan ke sejumlah tempat wisata di daerahnya terus meningkat, terutama setiap akhir pekan di tempat wisata seperti Kebun Raya Cibodas dan Taman Bunga Nusantara.

Kepala Disparpora Cianjur, Yudi Ferdinan saat dihubungi Minggu, mengatakan setelah dibuka kembali  tempat wisata di wilayah utara Cianjur, aktivitas perekonomian kembali menggeliat, bahkan angka kunjungan terus meningkat sejak satu bulan terakhir.

"Kalau dalam angka pasti kami belum bisa menyebutkan, namun setiap akhir pekan jumlah wisatawan yang masuk ke tempat wisata seperti Kebun Raya Cibodas dan Taman Bunga Nusantara di kawasan Cipanas terus meningkat," katanya.

Seiring meningkatnya angka wisatawan yang datang, pihaknya terus mengingatkan pihak pengelola untuk benar-benar menerapkan protokol kesehatan ketat terhadap wisatawan yang datang sebagai upaya memutus rantai penyebaran virus berbahaya termasuk Corona.

Penambahan sarana dan prasarana penunjang kesehatan, seperti tempat mencuci tangan di setiap tempat wisata sudah harus maksimal, serta pemeriksaan suhu tubuh terhadap wisatawan yang masuk wajib dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatannya.

"Pihak pengelola harus aktif melakukan pemeriksaan dan mengimbau serta mengingatkan wisatawan untuk tetap menjaga jarak selama berada di area wisata. Bagi mereka yang suhu tubuhnya di atas normal, dianjurkan untuk memeriksakan kesehatannya dan dilarang masuk area wisata," katanya.

Sementara meningkatnya angka kunjungan wisatawan ke tempat wisata di kawasan Cipanas, dibenarkan General Manager PT Natura Jaya selaku pengelola Obyek Wisata Kebun Raya Cibodas Teguh Dwiyanto 

Dikatakannya, sejak satu bulan terakhir jumlah wisatawan terus meningkat terutama pada akhir pekan.

"Untuk pekan ini peningkatan jumlah kunjungan mencapai ribuan orang yang didominasi wisatawan dari Jabodetabek menggunakan kendaraan pribadi jenis roda dua dan roda empat. Seiring peningkatan jumlah wisatawan, kami memperketat pemeriksaan kesehatan mulai dari pintu masuk," katanya.

Bahkan melalui pengeras suara yang tersebar di sepanjang area kebun raya, pihaknya tidak henti mengingatkan pengunjung untuk tetap menjaga jarak dan memakai alat pelindung diri.

"Protokol kesehatan diterapkan secara ketat seiring meningkatnya angka kunjungan," katanya.        

Baca juga: Pengunjung tempat wisata di kawasan Puncak-Cipanas melonjak

Baca juga: KRC Cianjur terapkan sejumlah tahapan antisipasi lonjakan pengunjung

Baca juga: Pengunjung Kebun Raya Cibodas mulai meningkat

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2020